Kalah Enam Suara, Ahmad Wasari Gagal Pimpin NU Kabupaten Tegal Lagi

Minggu 05-09-2021,17:00 WIB

Konferensi Cabang (Konfercab) ke-14 Nahldatul Ulama (NU) berhasil memilih Pengurus Cabang NU Kabupaten Tegal periode 2021-2026 mendatang. KH Nawawi Asyhari dan H Muh. Muntoyo didaulat sebagai rais syuriah dan ketua tanfidziyah PC NU Kabupaten Tegal lima tahun mendatang.

Ketua Panitia Konfercab NU Kabupaten Tegal, Mahmudin mengatakan  Konfercab NU dipimpin ketua dan sekretaris Pengurus Wilayah NU Jawa Tengah, KH Muzamil dan KH Hudallah Ridwan Naim.

Peserta adalah perwakilan dari majelis wakil cabang NU, di mana setiap MWC mengirimkan lima orang pengurus. Rinciannya dari dua unsur syuriah dan dua unsur tanfidziyah serta seorang perwakilan ranting.

Menurut Mahmudin, dari empat bakal calon ketua tanfidziyah PC NU Kabupaten Tegal yang beredar, muncul dua nama terkuat. Yaitu H Muhammad Muntoyo dan H Ahmad Was’ari yang merupakan ketua periode sebelumnya.

Dari hasil pemilihan, H Muh. Muntoyo memperoleh 13 suara, dan terpilih sebagai ketua tanfidziyah periode 2021-2026. Sedangkan H Ahmad Was’ari hanya mendapatkan tujuh suara.

”Keduanya dipilih oleh 19 Majelis Wakil Cabang (MWC) dan seorang pengurus demisioner,” ungkap Mahmudin.

Sebelum pemilihan ketua tanfidizyah, konfercab diawali pemilihan ahlul halli wal aqdi (ahwa), yang terdiri dari tujuh nama untuk dipilih menjadi lima ahwa. Kelimanya adalah Kiai Nawawi Azhari, Kiai Marsus, Kiai Subkhan Mubarok, Kiai Ahmad Fathuri, dan Kiai Tasripin.

Dari lima ahwa itu kemudian memilih satu nama untuk menjadi rais syuriah PCNU Kabupaten lima tahun ke depan. ”Terpilihlah KH Nawawi Ashari dari Kecamatan Margasari,” katanya.

Selain itu terpilih juga tim formatur untuk melangkapi susunan pengurus PCNU sebelum dilantik. Keempat anggota yang masuk tim formatr yakni M. Syamsul Azhar, KH Misbahul Mundzir, Abdul Ghoni Al-Khafidz, dan Waidi. (zul)

Tags :
Kategori :

Terkait