Selain Bangun Tegal Laka Laka Jadi Malioboro, Kota Tegal Juga Akan Dirikan Museum di Tepi Pantai

Selasa 24-08-2021,07:00 WIB

Pemkot Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal merencanakan pembangunan museum di tepi pantai. Rencana ini disampaikan Disdikbud saat menghadiri Rapat Evaluasi Semester I Tahun 2021 di Ruang Rapat Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal, Kamis (19/8).

“Rencananya, di dekat Pura Segara Suci, di belakang SUPM, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur,” kata Kepala Disdikbud Ismail Fahmi.

Rapat dipimpin Ketua Komisi I Enny Yuningsih, Sekretaris Amiruddin, Wakil Ketua Fathul Imam, dihadiri Anggota Komisi I Purnomo, Triyono, Muhammad Masruri, dan Susanto Agus Priyono.

Tahun ini, jelas Fahmi, dilakukan kajian untuk koleksi yang akan ditempatkan di museum tersebut. Proses selanjutnya, studi kelayakan, penyusunan detail engineering design (DED), dan penetapan lokasi.

“Jika kajian koleksi, studi kelayakan sudah dilakukan, baru DED dan seterusnya. Tahun ini penetapan lokasi,” jelas Fahmi.

Selain menyampaikan rencana pembangunan museum, Disdikbud melaporkan pekerjaan yang dilaksanakan seperti pembangunan ruang kelas di Sekolah Dasar (SD) Negeri Sumurpanggang 3 yang pengerjaannya sudah mencapai 20 persen. Kemudian, di SD Negeri Kalinyamat Kulon 2 yang pengerjaannya sudah mencapai 10 persen.

Ketua Komisi I Enny Yuningsih menyatakan mendukung agar Kota Tegal memiliki museum yang saat ini sedang dalam kajian Pemkot oleh Disdikbud.

“Komisi I mensupport. Semoga Kota Tegal mempunyai museum untuk benda-benda cagar budaya. Selain itu, untuk menambah destinasi wisata baru di Kota Tegal,” ungkap Enny. (nam/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait