Warga Brebes Rela Berdesakan untuk Dapatkan Vaksinasi Dosis Pertama

Jumat 20-08-2021,19:45 WIB

Beberapa pekan terakhir, antusiasme masyarakat dalam mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama membludak. Terbaru, warga rela berdesakan untuk mendapatkan vaksinasi dosis pertama di Puskesmas Ketanggungan, Jumat (20/8). 

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber menyebutkan, warga sudah mulai mengantre vaksinasi dosis pertama sejak pagi hari. Vaksinasi yang seharusnya dibuka mulai pukul 08.00 WIB ini diserbu warga sebelum jam pembukaan vaksinasi. 

Seperti diketahui, vaksinasi dosis pertama kali ini hanya ada kuota sebanyak 100 orang. Sementara warga sangat antusias untuk mengikutinya. Sehingga, banyak warga yang kembali pulang karena tidak mendapatkan kuota. 

Salah seorang warga yang mengantre, SRY mengaku tidak kebagian kuota vaksinasi dosis pertama hari ini. Namun, dirinya hanya diberikan formulir untuk ikut vaksinasi yang akan dilakukan di kemudian hari. 

"Tadi ikut antre, namun tidak kebagian kuota. Jadi, tadi oleh petugas diberikan formulir untuk vaksinasi besok," ucapnya. 

Hal senada diungkapkan RTH, warga Kecamatan Ketanggungan yang juga mengikuti vaksinasi dosis pertama. Menurutnya, warga berdesakan lantaran petugas tidak membagikan nomor antrean. 

Warga yang ikut vaksinasi langsung diberikan formulir dan sebagian diminta untuk pulang, karena dianggap sudah memenuhi kuota. 

"Dibuka pukul 08.00 namun sebelum pukul 08.00 sudah penuh dan berdesakan," ucapnya. 

Kepala Puskesmas Ketanggungan dr Susani Ali saat dikonfirmasi membenarkan bahwa vaksinasi dosis pertama ini diserbu masyarakat. Vaksinasi kali ini, merupakan vaksinasi dosis pertama yang dimulai pekan lalu.

Menurutnya, warga yang berdesakan berada di pintu luar puskesmas. Mereka sangat antusias untuk divaksin. 

"Warga yang berdesakan itu berada di pintu luar. Dan antusiasme masyarakat untuk ikut vaksinasi dosis pertama ini sangat tiggi. Berbeda pada awal-awal vaksinasi," katanya. 

Dia menjelaskan, untuk kuota vaksin di hari Jumat dibatasi hanya 100 kuota dan jam pelayanan dibatasi sampai sebelum waktu salat Jumat. 

Untuk selain hari Jumat, biasanya 200 kuota, bahkan lebih. Untuk vaksinasi dosis pertama baru dibuka sejak minggu kemarin. Karena vaksinasi dosis kedua sudah selesai. 

"Dan mulai besok mengantisipasi lonjakan warga yang ingin divaksin, kami sudah bekerjasama dengan TNI-Polri untuk mengawalnya," pungkasnya. (ded/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait