Idza Nilai Pemberlakuan PPKM di Brebes Berhasil Turunkan Kasus Covid-19

Senin 09-08-2021,21:16 WIB

Saat ini, Kabupaten Brebes masuk zona oranye. Status tersebut didapat menyusul turunnya kasus positif aktif dan meningkatnya angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kabupaten Brebes. 

Hal tersebut ditegaskan Bupati Brebes Idza Priyanti, usai menemui perwakilan mahasiswa di Pendopo Kabupaten Brebes, Senin (9/8).

"Setelah dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) saat ini Brebes sudah turun jadi zona oranye. Meskipun, saat ini Brebes masih berada di level 3, dan kami akan berusaha agar Brebes bisa masuk ke level 2 dan selanjutnya level 1,” ungkapnya.

Dijelaskannya, penurunan jumlah kasus Covid-19 tidak terlepas dari pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilaksanakan oleh Pemkab Brebes. 

Indikatornya, positif rate atau rata-rata positif yang sebelumnya mencapai 24 persen, kini turun menjadi 23 persen. Kemudian, angka Bad Occupancy Rate (BOR) yang semula di angka 60 persen, turun menjadi 40 persen. 

"Selain itu, saat ini angka kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Brebes juga turun banyak sekali, dan ini yang menjadi semangat kita untuk terus memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Brebes," jelasnya.

Meski masuk zona oranye, Bupati Idza tetap meminta kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Kepada masyarakat yang hingga saat ini belum melakukan vaksinasi, untuk segera daftar atau mendatangi gerai-gerai vaksinasi yang ada di Kabupaten Brebes.

“Selain berupaya terus menekan agar levelnya turun, kami juga fokus untuk melaksanakan pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat. Dan kami ingatkan lagi, di manapun kegiatannya masyarakat diminta untuk mematuhi prokes,” tegasnya.

Sebatas informasi, sesuai data terakhir terkait perkembangan Covid-19 di wilayah Brebes mengalami penurunan. Total kasus positif selama pandemi mencapai 10.100, warga yang isoman mencapai 230 orang, total warga sembuh sebanyak 8.686 orang dan yang meninggal totalnya 1.057 orang.

Untuk kasus aktif saat ini di Brebes mencapai 413 kasus. Jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit di Brebes sebanyak 167 orang, dan yang dirawat diluar rumah sakit Brebes 51 orang. Sedangkan yang melaksanakan isoman 167 orang.(ded/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait