665 Anak dan Balita Terpapar Covid-19, Orang Tua Diminta Tak Biarkan Anak Bermain di Luar Rumah

Selasa 22-06-2021,19:40 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewanti-wanti orang tua tidak membiarkan anaknya bermain di luar rumah. Dia meminta peran serta orang tua dalam menjamin kesehatan dan keselamatan anak masing-masing. 

“Saya berharap kepada keluarga di Jakarta lebih berhati-hati. Usahakan di rumah saja. Anak-anak biarkan bermain di rumah saja demi keselamatan semuanya,” jelasnya. 

Karena penanganan untuk anak-anak, tambah Anies, membutuhkan pendampingan orang dewasa sehingga muncul kompleksitas yang tidak sederhana.

Sebanyak 224 balita di DKI Jakarta terpapar Covid-19. Anies Baswedan menduga hal itu merupakan dampak varian baru virus Covid-19.

Anies pada mulanya bicara soal Jakarta mencetak penambahan kasus Covid-19 per 20 Juni mencapai 5.582 orang. Dari ribuan warga DKI Jakarta yang terpapar Covid-19, sebanyak 16 persen di antaranya anak-anak.

“Tapi yang mengkhawatirkan, ini perlu perhatian khusus bahwa minggu lalu kita alami kasus harian tertinggi, yaitu 5.582 kasus baru. Dari angka itu, 665 anak usia 5-18 tahun dan 224 adalah kasus anak di bawah 5 tahun, balita,” katanya dikutip dari Jawapos.

“Jadi 16 persen dari kenaikan kasus adalah anak-anak,” kata Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (22/6). 

Anies memandang situasi wabah Covid-19 saat ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena ada varian baru.

Menurutnya, jenis virus Covid-19 ini lebih cepat menular terhadap anak-anak. 

“Artinya, kita menghadapi situasi wabah yang berbeda dengan awal tahun kemarin. Besar kemungkinan adalah varian baru yang dengan mudah menular, termasuk kepada anak-anak,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia mengungkapkan banyak anak di Jakarta terpapar Covid-19. Total, ada 224 balita usia 0-5 tahun. 

“Untuk itu, kami mengingatkan warga untuk menghindari ke luar rumah membawa anak-anak,” kata Dwi dalam siaran pers, Senin (21/6/). (jpg/fajar/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait