Pemred Media Online di Medan Tewas Ditembak Dalam Mobilnya, Sebelumnya Ada Juga yang Rumahnya Dibakar

Sabtu 19-06-2021,11:20 WIB

Pemimpin redaksi (Pemred) sebuah media online lokal di Pematangsiantar, Medan, Sumatera Utara, Mara Salem Harahap (42), tewas ditembak, Sabtu (19/6) dinihari WIB. Aksi ini menambah panjang daftar kekerasan terhadap wartawan di Tanah Air.

Mara Salem tewas dengan luka tembak di dalam mobil yang dikendarainya. Dari informasi yang berhasil dihimpun, dia diduga ditembak oleh orang tak dikenal saat hendak pulang ke rumahnya di Dusun VII Desa Karang Anyar Kecamatan Gunung Maligas Kabupaten Simalungun.

Polisi disebutkan menemukan luka tembak di bagian paha kiri dan bawah perut tubuh korban. Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, Sabtu (19/6), mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan dari lokasi kejadian maupun saksi-saksi.

Jenazah korban katanya, sudah dikirim ke RS Bhayangkara Medan untuk dilakukan otopsi.

Sebelumnya, rumah seorang wartawan media online di Pematangsiantar, Abdul Kohar Lubis juga hendak dibakar orang tak dikenal (OTK), Sabtu (29/5) lalu. 

Diduga aksi kekerasan terhadap wartawan itu terkait pemberitaan yang ditulis media online korban. Dalam laporannya di Mapolresta Pematangsiantar, Abdul Kohar Lubis alias Bembi yang merupakan pemimpin umum media onlie Linktoday.com mengatakan rumahnya disiram sejenis bahan bakar minyak (BBM) di pintu depan, dan kemudian dibakar.

Beruntung korban cepat mengetahuinya dan memadamkan kobaran api, hingga tidak terjadi kebakaran besar. "Saya dan keluarga lagi tidur, perkiraan pelaku mencoba membakar rumah saya sekitar pukul 03.00 WIB, untunglah saya bangun dari tidur dan memadamkan kobaran api," ujar Abdul.

Sebelum aksi tersebut, Abdul mengakui, dia pernah menerima teror melalui pesan WhatsApp (WA) beberapa hari sebelumnya. Pesan WA itu memintanya tidak lagi memberitakan aktivitas salah seorang yang diduga bandar narkoba.

Atas peristiwa itu, Abdul berharap, polisi bisa segera mengungkap dan menangkap pelaku yang mencoba membakar rumahnya. (rmol/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait