Cegah Varian India Masuk ke Kabupaten Tegal, Projo dan Satgas PDIP Sterilisasi Pantura sampai Margasari

Kamis 17-06-2021,16:40 WIB

Varian baru Covid-19 asal India mulai menghantui Jawa Tengah. Pasalnya, jenis virus yang menginfeksi lebih cepat itu sudah mulai ditemukan di Kabupaten Kudus.

Tak mau Kabupaten Tegal juga diserang varian baru asal India itu, sejumlah komponen warga di Slawi mulai melakukan antisipasi. Projo dan Satgas PDI Perjuangan misalnya, mereka melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah area publik di Kota Slawi hingga ke Margasari, Kamis (17/6).

Tak tanggung-tanggung, armada water canon dari Polres Tegal, Tegal Kota, dan Brebes dilibatkan untuk menyeterilisasi sejumlah lokasi yang sering dijadikan tempat kerumunan orang. Tak hanya penyemprotan disinfektan, Projo dan Satgas PDI Perjuangan juga membagikan puluhan ribu masker. 

Secara simbolis, puluhan ribu masker-masker itu diserahkan melalui UPTD dan paguyuban pasar di Pasar Trayeman, Banjaran, Pepedan, Kemantran, Balamoa, Lebaksiu, Balapulang, dan Margasari.

Ketua Projo Kabupaten Tegal, Sugirman mengatakan kegiatan ini adalah bentuk komitmen dukungan organisasinya terhadap upaya Pemkab Tegal memutus rantai penyebaran Covid-19. Utamanya melalui gerakan Kabupaten Tegal Bangkit Melawan Covid-19. 

"Banyak pertanyaan dari masyarakat, kenapa setelah hampir dua tahun Kabupaten Tegal baru bangkit? Hal-hal seperti itu harus disingkirkan, yang penting mari kita bersama-sama atasi pandemi ini agar segera berakhir," ungkap Sugirman.

Sugirman mengajak semua komponen masyarakat di Kabupaten Tegal bahu membahu, bergotong royong, dan konsentrasi mencegah penyebaran Covid-19. Antara lain bisa dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M di setiap aktivitas sehari-hari. 

"Terima kasih atas kehandiran dan dukungan semua pihak, wabil khusus Kapolres Tegal, Kapolres Kota Tegal, dan Kapolres Tegal yang telah memfasilitasi penyemprotan disinfektan ini," ungkapnya lagi.

Pada kesempatan itu, Sugirman juga memohon kepada Dewan Penasehat Projo, Ir. Joko Widodo memfasilitasi pengadaan armada water canon untuk Polres Tegal. Menurutnya Kabupaten Tegal yang terdiri dari 18 kecamatan tidak mempunyai armada water canon seperti Polres Tegal Kota dan Brebes.

"Saya selaku ketua Projo Kabupaten Tegal mengusulkan kepada Bapak Jokowi agar memerintahkan Kapolri RI untuk mengajukan anggaran kepada komisi III DPR RI untuk pengadaan dua unit armada water canon untuk Polres Tegal," pungkasnya. (guh/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait