Hebat! Final Sesama Indonesia, Dua Pemanjat Tebing Pecahkan Rekor Dunia Hanya Dalam Beberapa Jam

Minggu 30-05-2021,06:15 WIB

Dua atlet Indonesia kembali menorehkan sejarah baru di dunia olah raga. Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin mencetak rekor dunia kategori speed putra dalam ajang Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2021 yang berlangsung di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat.

Pecahnya rekor dunia, kali pertama dilakukan Kiromal Katibin dalam putaran pertama babak kualifikai dengan catatan waktu 5.258 detik. Kiromal Katibin menggeser rekor atlet asal Iran, Reza Alipourshenazandifar yang diraihnya pada 2017 lalu.

Atlet Indoneia unggul 0,222 detik dari rekor sebelumnya. Hebatnya, bukan hanya Kiromal Katibin yang berhasil memecahkan rekor dunia itu.

Kedua atlet tersebut mencatatkan rekor baru dalam kurun waktu beberapa jam saja. Dalam putaran pertama babak kualifikasi Kiromal Katibin mencatat waktu 5,258 detik, mengungguli Leonardo yang berada di posisi kedua dengan 5,375 detik.

Selanjutnya, setelah kedua atlet Indonesia tersebut melewati tiga babak eliminasi, pada babak final dan perebutan medali emas, Leonardo melesat memanjat ke atas dinding setinggi 15 meter untuk finis tercepat dengan catatan waktu 5,208 detik dan mengalahkan Kiromal Katibin.

“Saya sangat senang hari ini bisa meraih medali emas dan memecahkan rekor dunia. Sungguh luar biasa bisa bersaing dengan rekan setim saya. Kami tidak datang ke sini untuk meraih kemenangan, kami datang untuk memecahkan rekor,” ujar Leonardo dikutip laman resmi IFSC, Sabtu (29/5).

Medali emas dan perak berhasil diamankan atlet kebanggan Indonesia dalam kejuaraan begengsi kelas dunia tersebut. Sementara itu, medali perunggu jatuh ke tangan alet Polandia Marcin Dzienski yang mengalahkan atlet favorit tuan rumah John Brosler dengan catatan waktu 5,842 detik. (khf/zul/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait