Anggota Dewan Minta Pemkab Tegal Kurangi Pengangguran, Kembangkan BLKK

Senin 24-05-2021,23:59 WIB

Anggota DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi PDI-P meminta Pemkab Tegal mengurangi angka pengangguran. Caranya dengan mengembangkan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) di beberapa kecamatan di Kabupaten Tegal.

Anggota DPRD Kabupaten Tegal Memet Said, Senin (24/5) mengatakan, Pemkab Tegal harusnya mengembangkan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK). Tujuannya untuk mengurangi angka pengangguran, terlebih di masa pandemi ini. Karena banyak karyawan yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Di masa pandemi, BLKK sangat penting bagi pelajar yang baru lulus SMA atau SMK. Mereka bisa belajar di BLK untuk mendapatkan skill, sehingga bisa cepat mendapatkan pekerjaan atau memiliki usaha sendiri," katanya. 

Memiliki usaha sendiri, tambah Memet Said, sebenarnya lebih mampu untuk tetap bertahan dalam kondisi ekonomi seperti sekarang ini. Mereka bisa berinovasi dan mengembangkan usahanya dengan melihat peluang yang ada. 

Untuk itu, pengembangan BLKK di setiap sekolah sangat diperlukan agar bisa memiliki keterampilan. 

"Mereka bisa menciptakan pekerjaan, dan tidak mengandalkan lowongan pekerjaan. Jadi tidak bingung saat lulus, karena bisa langsung berwirausaha," tambahnya. 

Di Kabupaten Tegal memang sudah ada beberapa BLK yang dibangun, tambah Memet Said, tetapi hanya untuk para pelajar yang telah lulus sekolah. Jika di sekolah-sekolah lebih ditekankan keterampilan, maka mereka sudah memiliki keterampilan untuk terjun di dunia usaha. Keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam dunia usaha. 

"Makanya, di sekolah harusnya lebih banyak diajarkan tentang keterampilan," tandasnya. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait