Selamat! Dua Kali Berturut-turut, Pemkab Brebes Kembali Raih WTP

Jumat 21-05-2021,21:47 WIB

Untuk kedua kalinya, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jawa Tengah, Jumat (21/5). 

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD TA 2020 Pemkab Brebes di BPK RI Perwakilan Jawa Tengah langsung diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Tengah Ayub Amali kepada Bupati Brebes Idza Priyanti, di Aula BPK RI Semarang. 

Atas prestasi tersebut, bupati mengaku bangga dan bersyukur atas capaian WTP yang diraih berkat doa dan kerja keras seluruh masyarakat Brebes. Serta komitmen seluruh SKPD dan tidak lepas peran penting pembinaan BPK, sehingga sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). 

Idza berharap, capaian WTP bisa menjadi indikasi peningkatan kesejahteraan masyarakat Brebes dan bukan sekadar laporan tertib administrasi. 

"Karena itu, dengan capaian ini, mari kita buktikan anggaran pemerintah digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat dengan tetap memperhatikan tata kelola yang baik sesuai peraturan yang berlaku," ujarnya. 

Dalam penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD T.A 2020 berbarengan dengan Kabupaten Magelang, Kabupayen Pati, Kabupaten Kudus dan Kota Pekalongan. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Idza mendapat kehormatan untuk menyampaikan sambutan di forum tersebut. Idza mengucapkan selamat kepada seluruh perwakilan kota dan kabupaten yang hadir, atas hasil audit yang semuanya mendapatkan pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 

Diungkapkannya, WTP hanya bisa dicapai setelah memenuhi empat kriteria. Kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

“Dari hasil tersebut, Brebes mendapat persentase penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (TLRHP) sebesar 78,39 persen. Sehingga, Kabupaten Brebes berhasil melampaui rata-rata capaian TLRHP nasional yang sebesar 75 persen,” ungkapnya. 

Di akhir sambutannya, bupati berharap agar semua perwakilan kabupaten dan kota yang hadir, bisa meningkatkan kinerja supaya bisa terus mempertahankan opini positif tersebut.

Turut hadir dari Kabupaten Brebes Sekda Brebes Djoko Gunawan, Wakil Ketua DPRD Brebes Wurja, Plt Inspektur Brebes Rofiq Qoidul Adzam, Kepala BPKAD Angkatno dan pejabat lainnya. (ded/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait