Pemkab Tegal Gelontorkan Bansos Lanjut Usia Rp250 per Bulan

Sabtu 27-03-2021,14:37 WIB

Pemkab Tegal menggelontorkan bantuan sosial tunai jaminan hidup bagi lanjut usia. Bansos sebesar Rp250 ribu per bulan diberikan selama satu tahun untuk 665 orang di Kabupaten Tegal.

Bupati Tegal Umi Azizah, Sabtu (27/3) mengatakan, bantuan sosial ini ditransfer melalui rekening virtual Bank Jateng. Penyaluran bansos khusus lansia di atas usia 70 tahun ini dilakukan secara simbolis kepada enam orang penerima manfaat di Pendapa Kantor Kecamatan Balapulang.

"Bansos tersebut merupakan komponen Three J, program jaminan sosial Pemkab Tegal yang terdiri dari jaminan rumah, jaminan kesehatan dan jaminan hidup untuk mengurangi beban pengeluaran warga miskin yang tidak terlayani pendanaan bansos pemerintah pusat maupun provinsi. Tidak sedikit kelompok lansia dari warga miskin yang masih harus berjuang, bekerja memenuhi kebutuhan pokoknya di usia senja," katanya. 

Sementara yang sudah tidak lagi produktif, tambah Umi Azizah, karena keterbatasannya terpaksa mengandalkan belas kasihan tetangga dari lingkungan sekitar karena sudah tidak lagi memiliki saudara. 

Padahal, lansia di atas usia 70 tahun ini lebih rentan sakit atau mengidap penyakit yang secara langsung mengancam kesehatan tubuh hingga berakibat kematian. Karena tidak lagi memiliki keluarga, tentunya mereka tidak bisa mengakses Program Keluarga Harapan (PKH). 

Melalui bansos Jadup lansia ini, Pemkab Tegal berupaya membantu meringankan beban pengeluarannya, minimal untuk mencukupi kebutuhan dasarnya seperti pangan dan gizi. 

"Tidak seluruh lansia terlantar dan nonproduktif ini dapat terlayani bansos Jadup maupun PKH yang jumlahnya mencapai 7.597 orang," tambahnya. 

Pada kepala desa, lanjut Umi Azizah, agar bisa ikut serta mengalokasikan Dana Desanya untuk menjamin kebutuhan pangan lansia terlantar, termasuk perawatan dan perlindungan kesehatannya yang memadai. 

Selain peran pemerintah desa, kepedulian sosial dari orang-orang sekitar ataupun pihak lain sangat diperlukan agar lansia ini dapat menikmati kehidupannya secara baik, layak dan bermartabat. Sehingga harapan sejahtera, sehat, sentosa pada usia lanjut ini bisa diwujudkan. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait