Vaksin Dipastikan Aman dan Efektif untuk Kekebalan Tubuh Lawan Covid-19

Sabtu 05-12-2020,08:00 WIB

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan vaksin dipastikan aman dan efektif untuk kekebalan tubuh melawan COVID-19.

"Yang paling penting buat masyarakat adalah memahami vaksin itu aman dan efektif. Lalu, vaksin itu diperlukan dalam rangka membangun kekebalan komunitas terhadap COVID-19," kata Bambang dalam dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat (4/12).

Untuk menjamin keamanan dan efikasi vaksin, maka dilakukan berbagai tahapan. Mulai dari riset dan pengembangan di laboratorium hingga uji klinis tahap 1, 2, dan 3 kepada manusia.

Bambang menuturkan kampanye tentang program vaksinasi terus berjalan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksinasi. Menurutnya, vaksinasi diperlukan untuk menciptakan kekebalan komunitas (herd immunity).

"Jadi tidak bisa kita hanya melakukan vaksin untuk kekebalan kita sendiri. Vaksin dibutuhkan untuk menciptakan kekebalan komunitas. Jadi memang harus ada cukup banyak orang yang mengikuti vaksinasi. Artinya vaksin untuk kepentingan masyarakat secara luas. Termasuk kepentingan keluarga," papar Bambang.

Setelah diyakini aman dan efektif, lanjutnya, maka Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) selaku regulator akan mengeluarkan izin untuk melakukan vaksinasi. "Kita bisa lihat bagaimana uji klinis tahap ketiga yang dilakukan di Bandung. Kemungkinan yang akan digunakan pertama kali dari Sinovac asal China," tuturnya.

Namun, Bambang mengingatkan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Dia menegaskan disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) adalah wajib.

Karena itu, seluruh pihak harus patuh dan melaksanakannya. (rh/zul/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait