Usai Demo Anarkis Tolak Omnibus Law, 12 Titik Kamera ETLE di Jakarta Rusak

Jumat 30-10-2020,16:42 WIB

 Sejumlah kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di DKI Jakarta rusak usai kerusuhan unjuk rasa menolak omnibus law UU Cipta Kerja yang berakhir anarkis. 

Hal ini seperti diungkapkan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo, Jumat (30/10). 

"Iya kamera ETLE ada 12 titik yang dirusak. Saat ini masih dalam proses perbaikan, mungkin dalam waktu dekat ini sudah selesai," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Jumat (30/10). 

Dia menuturkan, kamera yang mengalami kerusakan mayoritas berada di sekitar Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman, khususnya di dekat pos lalu lintas yang dibakar oleh massa. Kerusakan ETLE ini sendiri beraneka ragam. 

"Ada yang memang panelnya rusak. Ada yang disogrok sehingga dia posisinya (berubah). Ada yang kabelnya putus dan sebagainya," jelasnya dikutip dari RMOL. 

Saat ini, 12 kamera ETLE yang rusak ini belum beroperasi. Perbaikan masih terus dikerjakan. Diharapkan dalam waktu dekat sudah beroperasi normal.

Sementara itu, pelaku perusakan diduga berasal dari kelompok yang sebelumnya sudah ditangkap oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya. Saat ini mereka telah menjalani proses hukum.

"(Pelaku) masih dalam penyelidikan dan beberapa sudah ditangkap juga kemarin sudah diekspos sama Krimum kan. Masih bagian dari itu," pungkas Sambodo. (rmol.id/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait