Selalu Naik Tinggi, Remaja yang Hamil Diprediksi Capai 200 Kasus Tahun Ini

Rabu 22-07-2020,15:31 WIB

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana mengaku setiap tahun kasus kehamilan pada remaja selalu meningkat. 

Untuk tahun 2020 sampai bulan Juli saja sudah ada 101 kasus dan diprediksi sampai akhir Desember bisa mencapai 200 kasus.

Pelaksana tugas Kepala Dinas P3A, P2 dan KB Retno Suprobowati, Rabu (22/7) mengatakan, para remaja  diharapkan bisa menatap kehidupan masa depan yang lebih baik. Dengan menjauhi narkoba, pernikahan dini dan kenakalan remaja lainnya. Tiga hal tersebut harus dijauhi, karena sangat berpengaruh dalam pendidikan dan kehidupannya di masa datang. 

"Kasus remaja yang menjadi masalah saat ini adalah kasus kehamilan pada usia remaja. Dilansir dari data dinas kesehatan, kasus kehamilan remaja di Kabupaten Tegal mengalami peningkatan yang tinggi," katanya. 

Pada tahun 2016, tambah Retno Suprobowati,  terdapat 132 kasus, tahun 2017 terdapat 187 kasus, tahun 2018 terdapat 250 kasus, tahun 2019 terdapat 152 kasus. Pada tahun 2020 sampai bulan  ini sudah terdapat 101 kasus. Dirinya memprediksi sampai akhir tahun bisa bertambah menjadi 200 kasus. Setiap tahun hampir selalu mengalami peningkatan jumlah. Hal itu menjadi sebuah problem yang sangat signifikan. 

Menyikapi hal itu, pihaknya telah memiliki program Gen-Re atau generasi berencana. Yaitu suatu program untuk memfasilitasi terwujudnya  remaja tegar, berperilaku sehat, terhindar dari risiko obat-obatan terlarang serta menunda usia pernikahan dini. 

"Pemahaman tentang reproduksi agar remaja tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif atau seks bebas. Intinya program Gen Re yang diluncurkan oleh BKKBN itu bertujuan guna mempersiapkan kehidupan  generasi muda agar lebih berkualitas," tambahnya. 

Sementara itu, Duta Gen-Re 2016 Affrilia Nawangwulan mengatakan, GenRe digagas untuk membantu melewati masa hidup remaja atau transisi remaja. Juga membantu mereka menerapkan mindset berpendidikan setinggi mungkin, berkarir, menikah dengan penuh perencanaan. Serta menerapkan pola hidup yang sehat, dan aktif di masyarakat. Gen-Re juga bertujuan untuk mengedukasi serta memberikan konseling terkait masalah-masalah remaja. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait