Brebes Tetap Jadi Kawasan Industri, Hati-hati Mafia Tanah Gentayangan

Jumat 19-06-2020,18:40 WIB

Meski ada rencana kawasan industri Brebes (KIB) akan dipindahkan ke Batang, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ratim menyebutkan proyek tersebut tetap berjalan. Pasalnya, Kabupaten Brebes sendiri sudah masuk Proyek Stategis Nasional (SPN).

"Kalau sudah masuk SPN, pemerintah pusat tidak akan lepas begitusaja. Tidak akan pernah meninggalkan, jadi tetap berjalan," ungkapnya.

Karenanya, untuk tetap menjaga investor masuk ke Brebes masyarakat untuk tetap ikut berperan aktip. Terutama tidak bermain dalam mafia tanah di kawasan industri.

"Ya saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati. Tetap menjaga agar investor masuk ke Brebes," jelasnya.

Tidak dipungkiri, kata dia, masalah pembiayaan menjadi salah satu permasalahan dalam pembebasan lahan di kawasan industri. Ditambah lagi, masih ada sebagian tanah yang belum bersertifikat.

"Masalah pembiayaan menjadi salah satu persoalan yang ada dalam pembebasan lahan. Dan itu juga sempat dibahas dengan pemerintah pusat," ucapnya.

Seperti diketahui, data yang ada di DPMPTSP Brebes beberapa waktu lalu mencatat, ada 47 investor dari berbagai negara di dunia yang mengantre mengurus perizinan. Lantaran pandemi corona, mereka menanti kran perizinan kembali dibuka kembali. Namun demikian, sebagian investor sudah mengurus perizinan. (ded/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait