Rumah BUMN Jembatani UMKM Lokal Go Internasional, Sambal Cita Rasa Khas Indonesia Tembus Pasar Mancanegara
UMKM - Produk UMKM beruma sambal cita rasa khas Indonesia go internasional dijembatani rRumah BUMN BRI Jakarta.-Dok. BRI-
JAKARTA, radartegal.com - Rumah BUMN BRI jembatani UMKM lokal go internasional. Banyak produk UMKM lokal yang kini menembus pasar Macanegara dijembatani Rumah BUMN.
Sambal Kawani misalnya, produk sambal kemasan asal Jakarta ini, semakin mantap memperluas pasar ekspornya. Kuliner ini berawal dari dapur kecil usaha ayam goreng rumahan.
Kini merek tersebut berhasil membawa cita rasa autentik khas Indonesia ke mancanegara, khususnya di negara Taiwan.
Sambal Kawani dan Rumah BUMN Jakarta
Pemilik Sambal Kawani Daniel Hendra menceritakan, pandemi Covid-19 menjadi titik balik bagi usaha yang ia kelola. Pasalnya, sebelum pandemi, Daniel sempat mengelola restoran ayam goreng di salah satu wisma area Kelapa Gading.
“Waktu itu, omzet kami bisa mencapai Rp3,5 juta per hari dari penjualan masakan ayam. Namun, saat pandemi mulai meluas, orang-orang bekerja dari rumah dan food court jadi sepi. Pemasukan menurun drastis,” kenang Daniel.
Penurunan omzet ini berlangsung selama berbulan-bulan. Meski demikian, Daniel mulai melihat peluang baru. Saat beberapa pelanggan kembali untuk makan ayam goreng, ia menyadari ada satu elemen yang tetap dicari, yaitu sambal khasnya.
“Turning point-nya pada saat sudah Covid-19 mulai balik, orang mulai makan di luar lagi. Dan saat orang datang untuk makan ayam kita, ternyata mereka suka sambalnya. Dengan begitu, kita berpikir untuk fokus ke sambal aja,” ujar Daniel.
Seiring waktu, Daniel pun menyadari bahwa sambalnya tidak hanya digemari oleh pelanggan lokal, tetapi juga oleh mereka yang merindukan cita rasa masakan rumahan Indonesia.
BACA JUGA:BRI Fasilitasi Sertifikasi Halal bagi UMKM Lewat Program BRI Peduli
Momen tersebut membuat Daniel berpikir ulang tentang cara agar sambalnya dapat menjangkau lebih banyak orang. Dari sinilah ide untuk memproduksi sambal kemasan muncul, menghadirkan rasa autentik masakan rumah khas Indonesia bagi siapa pun, termasuk diaspora yang merindukan kampung halaman.
“Kami sadar, orang suka sambalnya. Jadi, kenapa tidak dijual terpisah saja? Dari situ, kami mulai produksi sambal dalam kemasan,” tambahnya.
Keputusan itu terbukti tepat. Hasilnya, tidak hanya diterima di pasar lokal, Sambal Kawani berhasil mencatatkan pesanan dari Taiwan ribuan botol untuk setiap pemesanan.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:

