Ketahui Penyebab AC Tidak Menyala Setelah Mati Lampu, Ini 5 Cara Meresetnya

Ketahui Penyebab AC Tidak Menyala Setelah Mati Lampu, Ini 5 Cara Meresetnya

Penyebab AC Tidak Menyala Setelah Mati Lampu.--

radartegal.id – AC atau pendingin ruangan kini menjadi salah satu barang elektronik paling dicari dan berhubungan dengan listrik. Berikut ini, penyebab AC tidak menyala setelah mati lampu.

Beberapa dari Anda tentu pernah mengalami AC tidak menyala setelah mati lampu bukan. Padahal listrik di rumah atau di kantor sudah kembali berfungsi.

Anda tidak perlu khawatir lagi karena dalam artikel ini akan membahas mengenai penyebab AC tidak menyala setelah mati lampu. Untuk itu, baca ulasan ini sampai selesai supaya tidak ketinggalan informasi, ya.

Pemadaman listrik sendiri biasanya dapat berlangsung sebenar atau bahkan berhari-hari tergantung dari pihak PLN dalam memperbaiki kerusakan yang terjadi, ya. Berikut ini penjelasan mengenai AC tidak menyala setelah mati lampu.

BACA JUGA: 6 Tips Merawat AC Rumah Agar Awet, Nomor 3 Jarang Banget Dilakukan

BACA JUGA: Nyari AC Murah Dibawah 1 Juta? Berikut 5 Rekomendasi Terbaiknya untuk Anda

AC tidak menyala setelah mati lampu

Tahukah Anda bahwa arus listrik di rumah yang tiba-tiba mati ternyata dapat mengakibatkan kerusakan pada AC, lho. Oleh karena itu, pada saat arus  listrik sudah terhubung kembali lalu AC  tidak dapat merespon,maka telah terjadi kerusakan.

Menurut jasa Service AC Aditya penyebab AC tidak mau menyala setelah mati lampu mungkin saja terjadi karena arus lisrik yang belum stabil atau terdapat bagian colokan listrik AC yang terputus. Oleh karena itu, Anda perlu mengeceknya secara berkala, ya.

Terdapat PCB AC yang berfungsi  sebagai tempat masuknya  arus listrik dari  strum kemduian ke fan dan kompresor. PCB AC ini diibaratkan sebagai  jantungnya AC.

Nah, untuk dapat mengetahui arus listrik di rumah sudah kembali normal. Maka Anda bisa menunggunya selama 5 menit.

BACA JUGA: Wajib Hindari, Ini Kesalahan dalam Penggunaan AC yang Bisa Bikin Boros Listrik dan Cepat Rusak

Barulah setelah itu, Anda bisa mencova menyalakan kembali. Apabila telah terjadi kerusakan pada  colokan AC, maka AC  remot AC tidak bisa membuat  AC merespon perintah dari tombol yang ditekan oleh penggunanya.

Akan tetapi, penyebab remot AC  tidak dapat tersambung dengan AC juga dapat disebabkan oleh sensor AC yang rusak. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek bagian tersebut, ya.

Selain mengetahui penyebab AC tidak menyala setelah mati lampu. Anda juga perlu mengetahui 5 cara mudah reset AC setelah listrik padam seperti berikut ini.

1. Matikan AC dari termostat

Tahukah Anda bahwa  pada saatmenyetel ulang AC. Maka penting bagi Anda untuk memastikanbahwa unit diatikan dan dicabut sebelum Anda mencoba untuk menyetel ulang apa pun itu.

BACA JUGA: Tips menggantungkan Pewangi di AC agar Bau Lebih Segar dan Harum, Aromanya Tahan Lama Seharian

Hal tersebut dinilai bisa membantu Anda dalam memastikan bahwa sistem tidakberjalan pada saat Ada mengutak-atiknya dan tidak terdapat kerusakan yangterjadi dalam proses. Dengan mematikan AC dari pengaturan termostat dengan benar, maka dapat membantu Anda dalam emncegah perbaian atau penggantian yang mahal.

2. Setel ualang peutus arus

Apabila pemadaman listrik di rumah Anda menyebabkan pemutus atau terputus. Maka, Anda perlu mengatur ulang supaya AC dapat berfungsi kembali dengan baik.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan mencari kotak sirkuit yang bertanggung jawab atas HVAC Anda. Ketika Anda  sudah berhasil menemukannya, maka putar  tombol ke”off” panel pemutus, kemudian putar kembali posisi “on”.

3. Tunggulah minimal 30 menit

Tahukah Anda bahwa  setleah menyetel ulang pemutus arus. Maka sebaiknya, Anda menunggu minimal 30 menit sebelum menyalakan kembali AC.

BACA JUGA: Spesifikasi Unggulan AC Hisense AN18CDG yang Bikin Tidur Jadi Lebih Lelap Anti Bising

Hal tersebut diketahui dapat memberikan waktu bagi sistem untuk melakukan reset dengan benar dan bisa membantu Anda dalam mencegah terjadinya potensi masalah.

4. Balikkan termostat ke mode “dingin”

Nah, setelah Anda menunggu beberapa waktu yang sudah disarankan. Maka selanjutnya Anda bisa melanjutkan langkah berikutnya dalam proses menghidupkan ulang AC setelah terjadi lonjakan listrik, ya.

Cara ini melibatkan mengembalikan termostat ke mode dingin. Dengan ini, maka akan memberikan sinyal pada AC bahwa sudah waktunya  untuk mulaimendinginkan ruangan lagi.

5. Tunggu 10 menit untuk bisa melihat efeknya

Selanjutnya setelah Anda berhasil mengembalikan termostat ke mode “dingin”. Maka selanjunya, Anda perlu menunggu sekitar 10 menit  untuk bisa melihat apakah AC sudah berfungsi dengan baik atau tidak.

BACA JUGA: 7 Keuntungan Menggunakan AC Split, Perawatan Jauh Lebih Mudah dan Gampang Dikendalikan

Nah, apabila Anda tidak merasakan udara  sejuk setelah waktu yang  sudah ditentukan tadi. Maka terdapat kemungkinan, Anda perlu menghubungi teknisi untuk memeriksa sistem AC, ya.

Demikian ulasan mengenai penyebab AC tidak menyala setelah mati lampu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Sumber: