Kesehatan Mental Pascapandemi Tak Bisa Diremehkan, PPPKMI Bregas Gelar Webinar

Kesehatan Mental Pascapandemi Tak Bisa Diremehkan, PPPKMI Bregas Gelar Webinar

Sejumlah panitia saat menggelar webinar dengan tema Post Pandemic Mental Health Issue.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Salah satu krisis global terbesar dalam beberapa generasi, pandemi Covid-19, memiliki dampak yang parah dan luas bagi sistem kesehatan, ekonomi, dan masyarakat.

Tak terhitung orang yang meninggal, atau kehilangan mata pencaharian akibat pandemi Covid-19. Keluarga dan masyarakat menjadi tegang dan terpisah.

Anak-anak dan remaja kehilangan kesempatan untuk belajar dan bersosialisasi. Bisnis telah bangkrut. Jutaan orang telah jatuh di bawah garis kemiskinan. 

Karena itu, kesehatan mental masyarakat pascapandemi tak bisa diremehkan. Upaya menjawab tantangan tersebut, Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) Cabang Kabupaten Brebes, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal (Bregas) menggelar webinar atau web seminar, pada Sabtu 18 Maret 2023. Webinar ini diikuti oleh 163 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:Torehkan Prestasi Gemilang, 16 Anggota Polres Tegal Diganjar Reward

Wakil Ketua PPPKMI Kabupaten Tegal Mahmudah Khurotul Aini, mengatakan, tema webinar Nasional ini yakni Post Pandemic Mental Health Issue. Tujuan seminar yaitu, sebagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan tenaga promosi kesehatan tentang kesehatan mental.

Selain itu, juga untuk mengetahui berbagai tantangan isu kesehatan mental dan ketahanan keluarga pasca pandemi Covid-19.

Tak terkecuali juga untuk mengetahui peran promotor kesehatan dalam menjawab tantangan kesehatan mental di masa post pandemi Covid-19.

"Pandemi Covid-19 telah menyebabkan krisis multi dimensi, salah satu sektor yang paling terdampak adalah sektor kesehatan, khususnya kesehatan mental," kata Mahmudah Khurotul Aini.

BACA JUGA:Unik dan Menarik! Pemkab Tegal Ingatkan Warga Waspada DBD dengan Wayang Santri

Dia mengemukakan, selama ini pemerintah sudah berupaya maksimal mengatasi pandemi. Terbukti, Indonesia dapat bertahan di tengah virus yang berbahaya itu, namun tidak mudah bagi masyarakat untuk kembali merasa nyaman seperti keadaan sebelum adanya pandemi.

Dirinya tak menampik, hampir semua bidang terdampak virus tersebut. Baik di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, maupun sosial. Tidak sedikit masyarakat menjadi rentan dengan gangguan psikologis. 

Luasnya dampak virus tersebut, maka harus ekstra menjaga kesehatan mental dan ketahanan keluarga pasca pandemi. Sehingga bisa tercapai individu dan masyarakat yang sejahtera.

BACA JUGA:Flu Burung Kembali Marak di Indonesia, Pemkab Tegal Lakukan Ini

Sumber: