8 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan dalam Perawatan Honda PCX 160
MATIC HONDA - Dengan mengikuti panduan perawatan Honda PCX 160 ini, kalian bisa menjaga Honda PCX 160 kalian tetap dalam kondisi terbaik, aman, dan nyaman digunakan. -(Foto: Istimewa)-
radartegal.com - Honda PCX 160, sebagai salah satu skutik premium yang menawarkan kenyamanan dan performa, tentu membutuhkan perawatan Honda PCX 160 rutin agar tetap dalam kondisi prima.
Perawatan Honda PCX 160 memang sangat penting, terutama agar motor kalian tetap canggih dan awet untuk jangka waktu lama.
Namun, ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat perawatan Honda PCX 160, dan kesalahan ini bisa berakibat fatal.
Berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat merawat Honda PCX 160. Simak ulasan lebih lanjut berikut ini.
BACA JUGA: Perbandingan Kelebihan Honda PCX 160 Termurah dan Termahal, Mana yang Cocok untuk Anda?
Hal yang harus di perbaiki saat perawatan Honda PCX 160
1. Mengabaikan Penggantian Oli
Kesalahan pertama yang sering dilakukan pemilik motor adalah mengabaikan jadwal penggantian oli. Oli berperan penting dalam menjaga mesin agar tetap beroperasi dengan baik.
Kalian sebaiknya mengganti oli secara rutin setiap 4.000 km atau dua bulan, mana yang lebih dulu tercapai. Mengabaikan hal ini dapat menyebabkan oli mengental atau kualitasnya menurun, yang pada akhirnya merusak komponen mesin.
Mesin tanpa pelumasan yang optimal bisa mengalami overheat dan lebih cepat aus. Memastikan oli selalu dalam kondisi prima akan membuat motor kalian tetap kuat dan bertenaga.
2. Membiarkan Kondisi Aki Tidak Terawat
Aki adalah komponen penting yang seringkali terlupakan. Jika aki kalian mulai melemah atau menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti korosi pada terminalnya, maka performa motor akan menurun.
BACA JUGA: 5 Perbedaan Mencolok Honda PCX 160 Dibanding Model Sebelumnya, Gak Heran Berkendara Makin Asyik
BACA JUGA: Honda Forza 125 2025 Tantang Nmax dan PCX, Jarak Tempuh Lebih Unggul, Ngacir 491KM Sekali Full Tank
Pastikan aki selalu dalam kondisi baik, dan biasanya perlu diganti setelah satu tahun, tergantung pada pemakaian. Bila aki tidak dirawat, bisa saja kalian terjebak dengan motor yang tidak bisa dihidupkan di tengah perjalanan. Lebih baik rutin memeriksa kondisi aki agar tidak mengalami masalah mendadak.
3. Mengabaikan Perawatan Vanbelt dan Roller
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: