Dipenalti 6 Detik, Pebalap AHRT Muhammad Kiandra Ramadhipa Tembus Top 3 IATC 2024 Mandalika

Dipenalti 6 Detik, Pebalap AHRT Muhammad Kiandra Ramadhipa Tembus Top 3 IATC 2024 Mandalika

SUKSES - Pebalap binaan Astra Honda Motor (AHM), Muhammad Kiandra Ramadhipa sukses kuasai posisi ketiga klasemen sementara IATC 2024 di Sirkuit Mandalika.--astra motor jateng for radartegal.com

JAKARTA, radartegal.com - Dua pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) menorehkan prestasi impresif Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2024. Balapan itu digeber di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), 28-29 September 2024. 

Bahkan salah seorang pebalap, Muhammad Kiandra Ramadhipa berhasil mengokohkan posisinya di tiga besar klasemen sementara. Sedangkan pebalap wildcard Davino Britani, mampu menunjukkan performa perdananya dengan menduduki 10 besar.

Jalannya balapan

Pada race pertama, Ramadhipa nyaris meraih podium pada balapan yang digelar, Sabtu 28 Se4ptember 2024. Memulai start dari posisi kelima, pebalap 15 tahun tersebut berhasil mempertahankan posisinya untuk terus berada di grup terdepan.

Sayangnya saat memasuki lap akhir, terjadi crash yang melibatkan pebalap-pembalap lainnya. Meski sempat mendapatkan penalti dan pengurangan waktu 6 detik, Ramadhipa berhasil finish di posisi ketiga.

 

Sedangkan di race kedua, setelah beberapa kali melakukan overtake, Ramadhipa sempat keluar dari lintasan dan harus puas finish di posisi ke-17. Dengan hasil ini, Ramadhipa berhasil mempertahankan posisinya di urutan ke-3 klasemen sementara IATC 2024 dengan 81 poin.

“Saya berupaya tampil maksimal meraih poin di balapan home race, tapi belum terlaksana. Di race pertama terjadi insiden, sehingga terjadi pengurangan poin," kata Ramadhipa.

Sedangkan pada race kedua, beber Ramadhipa, dia mengalami highside. Meski belum dapat meraih poin di race 2, paling tidak posisinya di klasemen sementara masih berada di top 3. "Saya akan berupaya tampil lebih baik lagi menghadapi seri IATC selanjutnya.”

Debut di IATC 2024

Sementara pebalap lainnya, Davino Britani yang debut perdana sebagai pebalap wildcard tampil memukau selama dua race. Davino menunjukkan skill balap yang impresif sejak sesi free practice, kualifikasi, hingga race. 

 

Di race pertama Davino berhasil finish di posisi ke-13, setelah terjadi crash. Sedangkan di race kedua, pebalap berusia 14 tahun itu gagal menyelesaikan balapan, usai mengalami insiden sebelum garis finish

“Saya sangat senang mendapatkan kesempatan menjadi pebalap wildcard di ajang IATC 2024. Terlebih hal ini merupakan pengalaman perdana di IATC,” ujar Davino.

Selain dua pebalap tadi, PT Astra Honda Motor (AHM) juga menurunkan pebalap binaan lainnya, yakni Fadillah Arbi Aditama. Dia mendapatkan wildcard, untuk terjun di balapan kelas Moto3 World Championship.

Pebalap AHRT itu memulai balapan dari posisi ke-21 Grand Prix Indonesia, yang merupakan wildcard terakhirnya di musim 2024. Pebalap dengan nomor motor 93 ini, gagal meraih poin karena terjatuh, meskipun memulai balapan dari baris ke-8. 

Sumber: