Rahasia Perawatan Kampas Kopling Motor Honda, Dijamin Gak Bakal Cepat Aus

Rahasia Perawatan Kampas Kopling Motor Honda, Dijamin Gak Bakal Cepat Aus

Rahasia Perawatan Kampas Kopling Motor Honda, Dijamin Gak Bakal Cepat Aus--

 

BACA JUGA: 6 Fitur Honda BeAT Keluaran 2024 yang Disorot Warganet, Bikin Riding Makin Happy

Ingat, kampas kopling yang aus tidak hanya membuat performa motor menurun, tapi juga bisa berpotensi merusak komponen transmisi lainnya.

2. Jaga Pola Mengemudi yang Baik

Cara berkendara sangat berpengaruh pada usia pakai kampas kopling. Hindari sering melakukan start-stop mendadak atau menarik kopling terlalu dalam.

 

Kebiasaan buruk ini akan mempercepat keausan kampas kopling. Selain itu, pastikan selalu menggunakan gigi yang sesuai dengan kecepatan motor. Dengan begitu, beban pada kopling akan lebih merata.

3. Ganti Oli secara Berkala

Oli mesin memiliki peran penting dalam melumasi komponen-komponen di dalam mesin, termasuk kampas kopling. Oli yang kotor atau sudah melewati batas waktu penggantian akan mengurangi kemampuan pelumasnya.

BACA JUGA: Anda Harus Tahu! Ini Biaya Servis Honda Stylo 160 2024 Agar Tetap Awet

 

BACA JUGA: Tipe Honda BeAT yang Paling Mudah Perawatannya, Tak Perlu Susah-susah Bawa ke Bengkel

Sehingga gesekan pada kampas kopling akan semakin besar. Oleh karena itu, patuhi jadwal penggantian oli yang dianjurkan oleh pabrikan.

4. Hindari Setengah Kopling

Kebiasaan menahan kopling dalam posisi setengah akan membuat kampas kopling terus-menerus bergesekan dengan flywheel. Hal ini tentu saja akan mempercepat keausan kampas kopling. Usahakan untuk selalu melepas atau menekan pedal kopling secara penuh saat mengoper gigi.

5. Periksa secara Berkala

Meskipun tidak ada gejala yang dirasakan, sebaiknya lakukan pemeriksaan berkala pada sistem kopling. Bengkel akan memeriksa kondisi kampas kopling, tekanan plat kopling, dan komponen kopling lainnya.

Dengan pemeriksaan rutin, kamu bisa mengetahui kondisi kampas kopling sebelum mengalami kerusakan parah.

BACA JUGA: Keunggulan Mesin Honda Monkey 2023, Motor Sporty yang Siap Berkendara Di Tanjakan

Sumber: