Wuih, Ternyata Oli Gardan Motor Matic Honda Itu Penting Banget! Kalau Jarang Diganti, Motor Bisa Ngambek

Wuih, Ternyata Oli Gardan Motor Matic Honda Itu Penting Banget! Kalau Jarang Diganti, Motor Bisa Ngambek

Jangan disepelin! Ternyata ini efek kalo jarang ganti oli gardan motor matic honda. Bisa berakibat fatal loh--

Salah satu fungsi utama dari oli gardan adalah untuk melumasi seal-seal yang ada pada sistem transmisi. Jika oli gardan tidak diganti secara rutin, maka ada risiko terjadinya kebocoran pada seal-seal tersebut.

Kebocoran ini dapat mengakibatkan berkurangnya jumlah oli gardan dan juga menguapnya oli, yang pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan pada komponen gardan.

4. Peningkatan Suhu atau Overheating

Oli gardan yang sudah tercemar dan tidak diganti secara rutin juga dapat menyebabkan peningkatan suhu atau overheating pada komponen gardan. Pelumasan yang tidak maksimal akan meningkatkan gesekan antar komponen, yang pada akhirnya akan menghasilkan panas berlebih.

Overheating dapat menyebabkan kerusakan serius pada komponen gardan dan bahkan dapat mengakibatkan kegagalan total pada sistem transmisi.

BACA JUGA: Anda Harus Tahu! Ini Biaya Servis Honda Stylo 160 2024 Agar Tetap Awet

BACA JUGA: Tipe Honda BeAT yang Paling Mudah Perawatannya, Tak Perlu Susah-susah Bawa ke Bengkel

Dampak penggunaan oli gardan yang tidak tepat

Penggunaan oli gardan motor matic Honda yang tidak tepat atau sudah melewati masa pakai dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti transmisi menjadi lebih kasar, muncul suara berisik, hingga kerusakan pada komponen transmisi secara permanen.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menggunakan oli gardan yang sesuai dengan spesifikasi dan menggantinya secara berkala.

Dapat disimpulkan bahwa mengganti oli gardan secara rutin adalah langkah yang sangat penting dalam menjaga performa dan keandalan motor. Oli gardan yang bersih dan berkualitas akan membantu menjaga efisiensi dan performa gir, serta mencegah terjadinya kerusakan pada komponen gardan.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu melakukan pergantian oli gardan sesuai dengan rekomendasi dari produsen motor atau mekanik terpercaya.

Sumber: