Apakah Motor Honda dengan Sistem Keyless Aman dari Maling? Ini Keterangan dari Ahlinya

Apakah Motor Honda dengan Sistem Keyless Aman dari Maling? Ini Keterangan dari Ahlinya

SMART KEY - Dengan mengikuti tips ini, motor kalian akan jauh lebih aman dari risiko pencurian, meskipun menggunakan sistem keyless motor Honda.-(Foto: Rafi Technic)-

radartegal.com - Sebagian besar orang mungkin beranggapan kalau motor yang sudah dilengkapi dengan sistem keyless motor Honda atau smart key system pasti jauh lebih aman dari aksi maling. 

Apalagi kalau dibandingkan dengan motor yang masih menggunakan kunci konvensional, yang memang dikenal mudah dibobol hanya dalam hitungan detik.

Namun, para ahli menegaskan bahwa sistem keyless motor Honda tidak bisa memberikan jaminan keamanan sepenuhnya untuk motor kalian. 

Bagi kalian yang merasa motor dengan keyless motor Honda aman dari maling, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal yang mungkin terlewatkan.

BACA JUGA: Cara Bayar Pajak Motor Honda Online Mudah dan Praktis di Tahun 2024

BACA JUGA: Pilihan Skutik Klasik! Intip Spesifikasi Honda Stylo 160 2024 Terbaru

Bahaya Keyless Aftermarket

Menurut Tian, seorang spesialis kunci motor yang juga memiliki bengkel khusus, sistem keyless aftermarket justru bisa menjadi titik lemah yang dimanfaatkan oleh maling. Kenapa begitu?

Ternyata, keyless aftermarket ini tidak tersambung langsung dengan Electronic Control Unit (ECU) motor seperti halnya keyless bawaan pabrik. Hal ini membuatnya lebih rentan terhadap aksi pembobolan.

“Keyless aftermarket ini tidak seaman yang kalian kira, karena sistemnya tidak terhubung langsung ke ECU seperti keyless bawaan motor dari pabrikan,” jelas Tian yang dikenal dengan sebutan akrabnya, Tian, dalam wawancaranya yang kami kutip dari GridOto.

Banyak sekali produk keyless aftermarket yang beredar di pasaran dan ditawarkan kepada pemilik motor yang ingin mengganti kunci konvensional mereka dengan sistem yang lebih canggih.

BACA JUGA: Lebih dari 500 Bikers Hadiri Jambore Nasional III Honda ADV Indonesia, HAI Semakin Guyub

BACA JUGA: Jambore Nasional Asosiasi Honda CBR (AHC), 350 Bikers Padati Pantai Bandengan Jepara

Meskipun sistem keyless bawaan pabrik lebih aman karena terhubung langsung ke ECU, Tian mengingatkan bahwa risiko tetap ada, terutama jika pemilik motor melakukan beberapa kesalahan umum yang kerap terjadi.

Sumber: