Dua Rekomendasi Calon Pimpinan Dewan Diterima Sekwan DPRD Brebes

Dua Rekomendasi Calon Pimpinan Dewan Diterima Sekwan DPRD Brebes

Sekretariat DPRD Brebes sudah menerima dua rekomendasi calon pimpinan dewan definitif yang diajukan oleh Partai Politik (Parpol) Gerindra dan Golkar, Rabu 18 September 2024 lalu.(Istimewa)--

BREBES, radartegal.id -  Sekretariat DPRD Brebes sudah menerima dua rekomendasi calon pimpinan dewan definitif yang diajukan oleh Partai Politik (Parpol) Gerindra dan Golkar, Rabu 18 September 2024 lalu.

Sedangkan satu calon pimpinan definitif dari Parpol PKB dan satu calon ketua DPRD dari Parpol PDI Perjuangan hingga kemarin masih belum keluar nama calon rekomendasi yang diusulkan. Berdasarkan ketentuan, sebanyak tiga calon pimpinan dan Ketua DPRD Kabupaten Brebes definitif nantinya akan menduduki jabatan periode 2024-2029 mendatang. 

 

Ketua DPRD Brebes Sementara, Didi Tuswandi membenarkan jika sudah ada dua rekomendasi calon pimpinan dewan dari Gerindra dan Golkar. "Rekomendasi calon Wakil Ketua dari Gerindra pak Heru Irawan dan calon Wakil Ketua dari Golkar pak Teguh Wahid Turmudi," ungkapnya.

 

Sedangkan rekomedasi nama calon ketua DPRD Brebes masih menunggu dari DPP PDI Perjuangan. Begitu pula rekomendasi nama calon Wakil Ketua DPRD dari PKB hingga kini masih menunggu dari parpol tersebut. "Pekan depan kita akan gelar rapat fraksi dulu ya. Setelah itu, DPRD akan segera kita usulkan dua calon pimwan ke Pj Gubernur Jateng," ucapnya.

 

BACA JUGA: Anggota DPRD Brebes Beri Apresiasi Pembongkaran Bangunan di Pantura Loasari Brebes

 

BACA JUGA: 50 Anggota DPRD Brebes Terpilih Dilantik, Hampir Separuhnya Wajah Baru

 

Walaupun rekomendasi dari PDI Perjuangan belum diterima, proses penetapan dua unsur pimpinan tersebut tetap akan dilanjutkan. Menurutnya, sesuai ketentuan Kemendagri, proses penetapan pimpinan DPRD tetap bisa berjalan meski baru ada dua rekomendasi yang masuk.

 

“Setelah rapat fraksi, dan diusulkan ke Pj Gubernur. Nanti akan digelar rapat paripurna untuk menetapkan dua nama calon wakil ketua dari Gerindra dan Golkar," jelas politisi PDI Perjuangan tersebut.

 

Dalam hal ini, dirinya menekankan kalau pentingnya percepatan penetapan pimpinan definitif agar dapat segera membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD). "Dengan adanya dua unsur pimpinan definitif saja, DPRD sudah bisa membentuk AKD, yang merupakan perangkat penting dalam menjalankan tugas dewan,” pungkasnya.

Sumber: