Pebalap Astra Honda Kuasai Puncak Klasemen Sementara ARRC Sepang

Pebalap Astra Honda Kuasai Puncak Klasemen Sementara ARRC Sepang

KUASAI - Dua pebalap Astra Honda, M. Ki andra Ramadhipa (kiri) dan Herjun Atna Firdaus (tengah), berhasil menguasai klasemen sementara kelas AP250 di Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024, Minggu 14 September 2024.--astra honda motor for radartegal.com

JAKARTA, radartegal.com – Pebalap Astra Honda lanjutkan tren podium di kelas Asia Production (AP) 250. Mereka berhasil menguasai podium tertinggi pada race pertama putaran kelima Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024. 

Pada balapan yang berlangsung di Sepang International Circuit, Malaysia, Sabtu 14 September 2024 lalu, Astra Honda Racing Team (AHRT) turun dengan kekuatan penuh. Hasilnya, Herjun Atna Firdaus berhasil menjadi yang tercepat, dan menyodok ke posisi kedua klasemen sementara. 

Setelah tampil perkasa di sesi kualifikasi, Sabtu 14 September 2024 pagi, M. Kiandra Ramadhipa dan Herjun Atna Firdaus berhasil start dari posisi pertama dan kedua. Begitu lampu start hijau, Ramadhipa dengan CBR250RR-nya, langsung meninggalkan rival-rivalnya. 

Pemuda asal Sleman, Yogyakarta ini langsung memimpin balapan, sementara Herjun terus membuntuti Ramadhipa di posisi ketiga. Dua pebalap Astra Honda berhasil menjaga ritmenya hingga memasuki lap kelima.

Insiden di tikungan terakhir

Memasuki tiga lap terakhir tersebut, tekanan dari pebalap lain mulai memaksa keduanya bekerja keras. Dengan aturan potongan rpm yang didapat keduanya, kedua pebalap muda Indonesia ini tetap berjibaku mempertahankan posisi podium.

Jelang finish, CBR250RR yang ditunggangi Herjun terus ditempel pebalap lainnya. Persaingan sengit pada balapan yang berlangsung 8 lap ini, diakhiri dengan kegemilangan Herjun yang berhasil menyodok ke posisi pertama pada tikungan terakhir.

Herjun pun berhasil meraih podium tertinggi, unggul 0,005 detik dari pebalap di belakangnya. Sementara Ramadhipa yang mengalami insiden senggolan di tikungan trakhir, harus puas finish di posisi kelima.

"Hasil yang kurang baik, tetapi tetap saya syukuri. Selepas start, saya sebetulnya mampu memimpin balapan. tetapi menjelang akhir race, saya mulai mengalami kesulitan karena agresivitas 4 rider lain yang berada di rombongan depan," kata Ramadhipa usai balapan.

Sedangkan Herjun mengungkapkan keberhasilanya meraih posisi 1 di race 1, karena di bisa mengatur ritme agar tetap bisa bersama rombongan depan. Sehingga di lap terakhir, dia mampu memaksimalkan potensi CBR250RR untuk mengunci kemenangan di race 1. 

3 pebalap Astra Honda di Supersports 600

Sementara itu di kelas Supersports 600, AHRT menurunkan tiga pebalap andalannya di seri ARRC Sepang kali ini. Dari hasil sesi kualifikasi, M. Adenanta Putra berhasil start dari posisi keempat, Veda Ega Pratama di posisi ketujuh, dan Rheza Danica Ahrens membalap dari posisi kesepuluh.

Adenanta dan Veda yang berada di rombongan starting grid terdepan, berupaya keras untuk bersaing di grup depan. Ironisnya, di lap kedua Adenanta terjatuh saat bersenggolan dengan pebalap lainnya.

Meski begitu, dia masih bisa melanjutkan balapan dan finish di posisi 11. Sedangkan Veda yang terus berjuang memperebutkan posisi ketiga, akhirnya harus puas finish di posisi kelima, dan Rheza di posisi ketujuh.

Sumber: