Kapan Waktu Tepat untuk Ganti Oli Motor Matic Honda? Ini Rekomendasi Waktu dan Jenis Oli yang Terbaik

Kapan Waktu Tepat untuk Ganti Oli Motor Matic Honda? Ini Rekomendasi Waktu dan Jenis Oli yang Terbaik

OLI HONDA - Mengganti oli motor matic Honda kalian secara teratur adalah kunci agar mesin motor tetap dalam kondisi optimal dan awet. -(Foto: Istimewa)-

BACA JUGA: Ini Bahaya Lampu Indikator Aki Matic Honda Menyala, Bagaimana Solusinya?

Setiap 3.000 hingga 5.000 Kilometer Pada umumnya, penggantian oli mesin motor matic Honda dilakukan setiap motor sudah menempuh jarak 3.000 hingga 5.000 kilometer.

Jika kalian sering berkendara di jalanan perkotaan dengan lalu lintas yang padat, oli mesin bisa lebih cepat kotor sehingga perlu diganti lebih cepat.

Setiap 2 Minggu Sekali untuk Penggunaan Intensif Bagi kalian yang menggunakan motor matic untuk perjalanan jauh setiap hari, misalnya lebih dari 200 kilometer per hari, oli harus diganti lebih sering, yaitu sekitar setiap 2 minggu sekali.

Pemakaian motor yang intensif membuat mesin bekerja lebih keras, sehingga oli lebih cepat terkontaminasi.

BACA JUGA: 8 Cara Memilih Oli Motor Matic yang Tepat untuk Motor Honda, yang Bingung Wajib Tahu Ini

BACA JUGA: 7 Tips Merawat Rem Motor Matic Honda agar Tetap Responsif dan Aman

Cek Kondisi Oli Secara Berkala Meski ada patokan jarak tempuh atau waktu tertentu untuk mengganti oli, tak ada salahnya untuk selalu memeriksa kondisi oli secara berkala.

Kalian bisa mengecek warna dan kekentalan oli melalui dipstick oli. Jika oli sudah berwarna hitam pekat atau terlalu encer, segera ganti meski jarak tempuh belum mencapai 3.000 kilometer.

Kapan ganti oli gardan?

Selain oli mesin, ada satu lagi jenis oli yang tak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu oli gardan. Oli ini berfungsi melumasi bagian transmisi motor matic, yang sering kali diabaikan oleh pemilik motor.

Padahal, tanpa oli gardan yang baik, transmisi bisa cepat aus dan menimbulkan bunyi-bunyi yang mengganggu saat motor dikendarai. Penggantian oli gardan umumnya disarankan setiap 12.000 kilometer atau setiap 12 bulan sekali.

BACA JUGA: 5 Merek Oli Motor Matic Honda Terbaik Berdasarkan Rekomendasi Pengguna

BACA JUGA: Spesifikasi All new Honda BeAT 2024, Tampil Lebih Modern

Sumber: