5 Mitos Tersembunyi di Balik Keindahan Danau Toba, Salah Satunya Suara Tangisan di Tengah Malam

5 Mitos Tersembunyi di Balik Keindahan Danau Toba, Salah Satunya Suara Tangisan di Tengah Malam

FAVORIT - Sebagai salah satu destinasi favorit, Danau Toba di Sumatera Utara (Sumut), ternyata juga menyimpan sejumlah cerita mitos yang tersembunyi di balik keindahan panoramanya.--youtube

radartegal.com - Lima mitos tersembunyi di balik keindahan Danau Toba di Sumatera Utara (Sumut), akan dibahas artikel ini. Mitos ini masih dipercaya dan terus berkembang di kalangan masyarakat setempat.

Lalu seperti apa mitosnya, Anda bisa menyimak selengkapnya yang kami rangkum dari beberapa sumber. Selama bertahun-tahun, danau tersebut menjadi saksi bisu berbagai mitos dan cerita mistis yang berkembang.

Mitos yang menyebar ini telah menjadi bagian dari budaya dan kepercayaan dan kearifan lokal, masyarakat setempat. Sekadar informasi, Danau Toba kini berubah menjadi destinasi tujuan wisata favorit, tidak hanya di Sumut tapi juga Indonesia.

Lima mitos tersembunyi Danau Toba

BACA JUGA: 6 Mitos Jawa Terkenal yang masih Dipercaya sampai Sekarang, Pantang Keluar Rumah saat Maghrib Tiba

BACA JUGA: Masih Dipercaya, Ini 5 Mitos Sunda Penuh Misteri yang Masih Melegenda sampai Sekarang

1. Legenda Ikan Mas Raksasa

Masyarakat setempat meyakini bahwa Danau Toba terbentuk dari legenda urban mengenai seorang pria bernama Toba yang menikahi seorang gadis cantik. Sayangnya, kutukan mengubah sang istri jelita menjadi ikan mas, dan peristiwa ini menjadi dasar terbentuknya Danau Toba.

Meskipun bersifat mitos, keberadaan ikan mas raksasa ini diakui oleh nelayan setempat. Menariknya, legenda ini bahkan dikaitkan dengan kejadian tenggelamnya kapal KM Sinar Bangun pada tahun 2018.

Konon, ikan mas raksasa berwarna perunggu menjadi penyebab insiden tersebut, menyulut rasa ingin tahu dan ketakutan di kalangan masyarakat.

2. Naga Raksasa 

Selain ikan mas raksasa, legenda juga menyebutkan keberadaan makhluk air misterius lainnya di kedalaman Danau Toba—seekor naga raksasa. Cerita-cerita yang berbeda menggambarkan naga ini sebagai jelmaan Samosir, putra dari Toba dan wanita cantik yang dikutuk menjadi ikan mas.

BACA JUGA: Hati-hati, Mitos Ramuan Racikan yang Bikin Langsing Bisa Sangat Berbahaya untuk Tubuh

BACA JUGA: Mitos Berendam Pagi Sore di Pantai Pulau Kodok Tegal Dapat Mengobati Penyakit, Benarkah?

Sumber: