Fakta Konsumsi BBM Honda Stylo 160, Ini Rahasianya Kenapa Menjadi Irit

Fakta Konsumsi BBM Honda Stylo 160, Ini Rahasianya Kenapa Menjadi Irit

TANGKI BENSIN - Cek fakta konsumsi BBM Honda Stylo 160 apakah benar irit?-(Foto: Bintang AM)-

Konsumsi BBM di kondisi normal

Meski Honda memberikan klaim resmi mengenai konsumsi BBM Honda Stylo 160, penting untuk melihat bagaimana performanya dalam penggunaan sehari-hari. Berdasarkan berbagai sumber, mulai dari klaim pabrikan hingga hasil uji jalan oleh media otomotif, Honda Stylo 160 terbukti cukup irit.

  • Klaim Resmi Honda

Menurut Honda, motor ini mampu menempuh jarak hingga 45 km per liter bahan bakar, berdasarkan pengujian standar WMTC (World Motorcycle Test Cycle). Angka ini mencerminkan konsumsi BBM dalam kondisi ideal, tanpa beban berlebih dan di jalan yang cukup lancar.

  • Penggunaan Sehari-hari

Dalam penggunaan sehari-hari, terutama di kota-kota besar dengan kondisi jalan yang sering macet, konsumsi BBM Honda Stylo 160 berkisar antara 42 hingga 45 km per liter. Hal ini tergantung pada gaya berkendara dan kondisi lalu lintas.

  • Kondisi Turing atau Perjalanan Jauh

Saat digunakan untuk perjalanan jarak jauh, motor ini bahkan bisa mencapai efisiensi hingga 47-49 km per liter. Hal ini karena pada perjalanan jauh, laju motor biasanya lebih konstan tanpa banyak berhenti, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

BACA JUGA: Pengen Punya Honda Stylo 160 2024 Awet? Intip Caranya Disini

BACA JUGA: Pilihan Gen Z, Begini Keunggulan Honda Stylo 160 2024 dengan Tampilan Model Klasik

Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi BBM

Walaupun Honda Stylo 160 dikenal irit, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi seberapa efisien motor ini dalam mengkonsumsi bahan bakar. Berikut beberapa faktor yang perlu diperhatikan:

  • Cara Berkendara

Cara Anda mengendarai motor sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Jika Anda sering menarik gas secara agresif atau melakukan akselerasi mendadak, bahan bakar yang digunakan akan lebih banyak dibandingkan dengan berkendara secara santai dan stabil. Menggunakan motor dengan kecepatan konstan pada umumnya akan membantu menghemat bahan bakar.

  • Kondisi Jalan

Jalanan perkotaan yang macet atau banyak tanjakan juga bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar. Dalam kondisi macet, mesin harus bekerja lebih keras meskipun motor sering berhenti, apalagi jika tidak menggunakan fitur Idling Stop. Sebaliknya, jalanan yang mulus dan lancar akan membuat konsumsi bahan bakar lebih irit.

  • Tekanan Ban

Tekanan ban yang kurang ideal dapat menyebabkan gesekan yang lebih tinggi antara ban dan jalan, yang pada akhirnya membuat mesin bekerja lebih keras. Pastikan tekanan ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan agar konsumsi BBM tetap efisien.

BACA JUGA: Honda Stylo 160 2024 ABS dan CBS Sama-sama Stylish dan Kekinian, Pilih Sesuai Budget dan Kegunaannya

BACA JUGA: Honda Stylo 160, Desain Menarik dengan 6 Keunggulan Fitur Canggih yang Bikin Naksir Berat

  • Beban Tambahan

Sumber: