Lagi, Sejumlah Ruas Jalan Kabupaten di Brebes Rampung Diperbaiki

Lagi, Sejumlah Ruas Jalan Kabupaten di Brebes Rampung Diperbaiki

Sedikitnya ada dua ruas jalan kabupaten yang kondisinyabsudah selesai diperbaiki. (Istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Sedikitnya ada dua ruas jalan kabupaten yang kondisinyabsudah selesai diperbaiki. Kedua ruas itu adalah ruas jalan Ketanggungan-Banjarharjo dan jalan poros Jagalempeni-Siwungkuk Kabupaten Brebes. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Brebes menyebut kondisi kedua ruas jalan tersebut mulus 100 persen mulus. 

DPU Brebes mencatat, tingkat kemantapan jalan pada ruas jalan Ketanggungan Banjarharjo sebelum penanganan yaitu 71,67 persen dari total panjang jalan sekitar 7,814 kilometer. Setelah ada penanganan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2024 ini kemantapan jalan menjadi 100 persen.

 

"Artinya sepanjang ruas jalan ini dalam kondisi mantap," kata Kepala Bidang Bina Marga, Agus Pramono yang juga menjabat sebagai Plt DPU Kabupaten Brebes, Rabu 28 Agustus 2024. 

 

Dia menjelaskan, ruas jalan ini merupakan salah satu ruas penting yang menghubungkan wilayah Kecamatan Ketanggungan dengan Kecamatan Banjarharjo. Mobilitas pengguna jalan pada ruas ini relatif padat, dengan titik awal di sekitar Pasar Ketanggungan dengan titik akhir di sekitar Pasar Banjarharjo. 

 

BACA JUGA: Diperbaiki, Warga Luwungragi Brebes Gelar Syukuran Perbaikan Jalan yang Rusak

 

BACA JUGA: Gunakan Anggaran DAK 2024 Rp6,7 Miliar, Perbaikan Jalan Tuwel-Guci Kabupaten Tegal Dimulai

 

"Dengan adanya penanganan pada ruas jalan ini diharapkan mobilitas masyarakat pengguna jalan dapat lebih lancar dan secara tidak langsung berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang meningkat," imbuhnya. 

 

Selain ruas jalan di atas, DPU juga telah melaksanakan pekerjaan peningkatan jalan poros Jagalempeni-Siwungkuk, dengan anggaran Rp3,8 Milyar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2024.

 

Dalam pelaksanaan itu, ruas jalan yang memiliki panjang 1,2 kilometer dengan lebar jalan 4,5 metet sudah selesai diperbaiki terdiri dari rekonstruksi jalan, pemeliharaan jalan, serta pemarkaan. 

 

"Dengan selesainya pekerjaan tersebut maka kondisi jalan poros Jagalempeni-Siwungkuk 100 persen dalam kondisi baik. Diharapkan dengan selasainya perkerjaan tersebut dapat meningkatkan kelancaran distribusi pertanian, serta berdampak pada meningkatnya ekonomi masyarakat," jelasnya.

 

Dia menambahkan, ruas jalan tersebut merupakan akses pertanian yang menghubungkan jalan kabupaten dengan panjang 2.353 kilometer yang menghubungkan antar jalan kabupaten yaitu jalan Banjaratma Tegalgandu dan jalan Pebatan - Rengaspendawa untuk menuju ke arah jalan provinsi di Kecamatan Jatibarang-Kabupaten Tegal-Ketanggungan.

Sumber: