Jelang Kenaikan, Harga Minyak Goreng di Brebes Sudah Melonjak dan Pasokan Berkurang

Jelang Kenaikan, Harga Minyak Goreng di Brebes Sudah Melonjak dan Pasokan Berkurang

MELAYANI - Pedagang sembako menunggu pembeli. Saat ini harga minyak goreng di Brebes sudah mengalami kenaikan meski pemerintah belum resmi menerapkan kenaikan harga.-tangkapan layar-Instagram/info_jabodetabek

BREBES, radartegal.id - Menjelang rencana kenaikan harga, harga minyak goreng di Brebes sudah melonjak. Hal ini dibarengi juga dengan berkurangnya pasokan komoditas tersebut.

Kenaikan harga minyak goreng dibenarkan Hanif, 47 tahun, pemilik toko sembako. Pria ini menjelaskan, harga minyak baik curah, kemasan maupun merek Minyakita sudah naik Rp1000 sampai Rp2000 per kg.

Khusus Minyakita, tandas Hanif, memang bukan didapat dari penyalur resmi. Kondisi ini, kata Hanif terjadi sejak 7 hari lalu. 

"Dari sananya (pengirim) udah naik. Jadi kami harus jual Rp17.000 per botol," ujar Hanif, Rabu, 10 Juli 2024.

BACA JUGA: Pj Bupati Resmikan Usaha Pengemasan Minyak Goreng di Brebes

BACA JUGA: Touring Gayeng Jateng Bagi 700 Paket Sembako dan 206 Paket Minyak Goreng, Ganjar: Beri Contoh Tertib Lalin

Terkait fluktuasi harga minyak goreng tersebut, Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Brebes Agung Tirto Kumara mengakui kondisi tersebut. Sebagai langkah antisipasi, pihaknya akan berkoordinasi dengan Bulog dan distributor untuk terus mengirim ke pasar pasar.

"Memang sesuai laporan dari pasar-pasar yang ada di Brebes, harganya naik, tapi masih relatif terjangkau. Namun sebagai antisipasi, kami akan koordinasi dengan distributor agar tetap mengirim minyak ke pasar pasar. Termasuk Bulog untuk operasi pasar jika terjadi kelangkaan," kata Agung. 

Pihaknya membenarkan jika sejak pemerintah mengumumkan rencana kenaikkan harga, minyak goreng Minyakita di pasar-pasar Kabupaten Brebes sudah terlebih dulu naik. Bahkan, pasokan minyak goreng ini pun berkurang sejak sepekan lalu. 

Para pedagang saat ini mengaku kesulitan mendapatkan pasokan Minyakkita. Pantauan di pasar-pasar Brebes, kenaikan ini dibarengi pula dengan minyak goreng curah dan kemasan merek lain.

BACA JUGA: Cegah Kelangkaan Minyak Goreng Bersubsidi, Gubernur Jateng Perketat Pengawasan Distribusi MinyaKita

BACA JUGA: 7 Alasan Mengapa Wajib Memiliki Air Fryer, Salah Satunya untuk Mengurangi Penggunaan Minyak Goreng

Harga minyak goreng per hari ini sesuai daftar harga yang dihimpun petugas Pasar Belakang Kodim Brebes menyebutkan, masih di angka Rp17 ribu per liter.

Sumber: