Jelang Pendaftaran Bacalon, KPU Petakan Isu Strategis Menghadapi Pilkada Serentak 2024 di Tegal

Jelang Pendaftaran Bacalon, KPU Petakan Isu Strategis Menghadapi Pilkada Serentak 2024 di Tegal

Rakor penguatan isu strategis Pilkada Serentak 2024 di Tegal--

TEGAL, radartegal.id - Menjelang pendaftaran Bakal Calon (Bacalon) Walikota dan Wakil Walikota, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat koordinasi penguatan isu strategis dalam pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Tegal. Kegiatan digelar pada Rabu 10 Juli 2024 siang.

Dalam kegiatan tersebut, mengahdirkan Pj Walikota Tegal Dadang Somantri, Kabag Ops Polres Tegal Kota, Kajari Tegal Nur Erlina Sari dan Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro. Sementara peserta terdiri dari unsur TNI-Polri, ASN, tokoh masyarakat dan tokoh Agama di Kota Tegal.

Ketua KPU Kota Tegal Karyudi Prayitno dalam sambutannya mengatakan tujuan rakor tersebut yakni agar pihaknya bersama stakeholder menjaga kondusifitas wilayah. Utamanya, saat sekarang pada pelaksanaan tahapan Pilkada 2024.

"Dengan membangun sinergitas antara stakeholder. Agar bersama-sama menjaga dan merawat nilai kebangsaan, kegotongroyongan, kebhinekaan, persatuan dan kesatuan," katanya.

BACA JUGA: Jelang Pilkada 2024, Polisi di Tegal Gencarkan Patroli ke Kantor Penyelenggara Pemilu dan Obyek Vital Lainnya

BACA JUGA: Pj Walikot Minta Kader PKK Ingatkan Masyarakat Akan Pilkada Serentak 2024 di Tegal

Karyudi berharap jangan sampai pesta Demokrasi 5 tahunan memilih kepala daerah ini merusak sendi demokrasi itu sendiri. Serta merusak nilai-nilai persatuan dan kesatuan, kebangsaan serta kebhinekaan.

"Selain itu, kita juga berharap para Paslon nanti juga lebih mengedepankan visi dan misi program kedepannya yang visioner. Bagi kita penyelenggara dan stakeholder saling berkordinasi dan memberikan solusi terkait semuat persoalan kedepannya bukan jalan sendiri-sendiri mementingkan ego sektoralnya," ujarnya.

Karyudi menambahkan, pihaknya juga mengincar agar kepada Caleg Terpilih dapat segera mengumpulkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Sebab, itu sebagai bentuk tertib administrasi.

Sekretaris KPU Kota Tegal Andi Budi Harjanto dalam laporannya menyebut ada beberapa tujuan digelarnya kegiatan tersebut. Yakni, menyamakan pandangan dan tujuan antara pemangku kepentingan dan masyarakat terkait dengan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

BACA JUGA: Lebih Rawan Dibanding Pilpres, Pilkada Serentak 2024 Diantisipasi Pemprov Jateng dengan Hal Ini

BACA JUGA: Berharap Semakin Profesional, Pj Gubernur Jateng Singgung Pengamanan Pilkada 2024 saat Hut Bhayangkara

"Kemudian, menghimpun isu-isu strategis dan mendefinisikan permasalahan dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024. Serta mencarikan solusi agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan aman dan kondusif," katanya.

Selain itu, kata Andi, juga sebagai bahan evaluasi tahapan Pilkada 2024 yang sudah berlangsung. Adapun peserta kegiatan pada siang hari ini terdiri dari unsur TNI-POLRI, Tokoh masyarakat, pimpinan Parpol, tokoh agama dan masyarakat.

Sumber: