6 Penyebab Suara Knalpot Motor Matic Nembak, Nomor 4 Sebenarnya Bisa Diakalin

6 Penyebab Suara Knalpot Motor Matic Nembak, Nomor 4 Sebenarnya Bisa Diakalin

penyebab suara knalpot motor matic nembak--

BACA JUGA: 7 Motor Matic Honda Termurah Mulai Rp16 Jutaan Terbaik 2024, Cocok untuk Dibawa Para Pemula

BACA JUGA: Rekomendasi 3 Mobil Murah Pemula Rasa JDM, Nomor 2 Harganya Setara Motor Matic Aerox

2. Saluran Mesin Kendaraan Bermasalah

Problematika pada saluran mesin, seperti saluran intake yang tersumbat atau klep yang tidak berfungsi dengan baik, dapat mengakibatkan campuran bahan bakar dan udara tidak terbakar sempurna dalam ruang bakar. 

Gas yang tidak terbakar ini kemudian dikeluarkan ke sistem pembuangan dan saat bertemu dengan panas dari knalpot, gas ini bisa terbakar dan menimbulkan suara ledakan.

3. Busi Rusak

Busi merupakan komponen kritikal yang bertugas menghasilkan percikan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara. Ini juga menjadi salah satu penyebab suara knalpot motor matic nembak.

Busi yang rusak atau usang tidak akan mampu menghasilkan percikan yang efektif, sehingga menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Gas yang tidak terbakar ini akhirnya mencapai knalpot yang panas dan menyebabkan suara ledakan.

BACA JUGA: Kapan Waktu yang Pas untuk Ganti Oli Gardan Motor Matic? Ini Akibatnya Kalau Telat Ganti

BACA JUGA: 5 Kelebihan Motor Matic TVS IQube, Kendaraan Ramah Lingkungan Terbaru yang Rilis di Jakarta Fair 2024

4. Campuran Bahan Bakar Terlalu Banyak

Campuran bahan bakar yang terlalu banyak dapat menyebabkan knalpot motor nembak saat lepas gas. Campuran yang terlalu banyak menyebabkan bahan bakar terbakar terlalu banyak di ruang pembakaran sehingga menyebabkan letupan.

Hal ini pun berlaku ketika campuran bahan bakar terlalu sedikit, dapat menyebabkan adanya ledakan pada knalpot pada saat lepas gas. Sehingga hal tersebut menjadi penyebab suara knalpot motor matic nembak.

5. Knalpot Tidak Sesuai dengan Kendaraan

Pemilihan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin dapat juga menjadi penyebab suara knalpot motor matic nembak selanjutnya.

Sumber: