6 Kerugian Menggunakan Joki Galbay Pinjol yang Bisa Menyesatkan untuk Jangka Panjang

6 Kerugian Menggunakan Joki Galbay Pinjol yang Bisa Menyesatkan untuk Jangka Panjang

6 kerugian menggunakan joki galbay pinjol-freepik-

3. Pelanggaran Hukum 

Kerugian menggunakan jasa joki galbay pinjol yaitu berisiko terkena pelanggaran hukum. Penggunaan jasa joki untuk mengelola pinjaman bisa melanggar syarat dan ketentuan dari platform pinjol tersebut, sehingga berujung pada konsekuensi hukum bagi Anda.

4. Keamanan Finansial 

Joki pinjol bisa berdampak juga pada keamanan finansial Anda nantinya. Misalnya menyalahgunakan nomor rekening dan data kartu kredit demi keuntungan pribadi mereka sendiri.

5. Kerugian Finansial 

Risiko yang ditimbulkan jika menggunakan joki pinjol memang tidak jauh-jauh dari finansial. Meski Anda membayar biaya kepada joki, Anda mungkin mengalami kerugian finansial yang lebih besar.

Hal ini dikarenakan adanya bunga tambahan atau biaya tersembunyi yang timbul dari tindakan joki. Ditambah lagi biaya ini tidak disampaikan secara transparan.

BACA JUGA: 6 Pertimbangan Jual Aset untuk Lunasi Pinjol agar Tidak Salah Langkah, Ketahui Dulu Konsekuensinya

6. Risiko Pidana 

Sebagaimana yang disebutkan, joki pinjol ini termasuk layanan yang ilegal tanpa adanya pengawasan dari lembaga keuangan manapun. Maka mereka seringkali beroperasi dengan menggunakan praktik bisnis yang melanggar hukum yang ditetapkan pemerintah.

Tips agar terhindar dari joki pinjol

Memang ada banyak kerugian jika menggunakan joki galbay pinjol. Jika Anda merasa sulit membayar hutang, sampaikan secara terus terang kepada penyedia layanan.

Biasanya kini sudah ada beberapa pinjol yang bersedia memberikan keringanan pembayaran. Entah itu dengan mengurangi suku bunga, mengurangi denda, sampai perpanjang waktu pembayaran tergantung kesepakatan.

Anda bisa sertakan bukti bahwa memang saat ini sedang mengalami kendala dalam finansial. Namun, untuk keringanan ini tentu ada sejumlah kriteria dan kebijakan yang ditetapkan tergantung masing-masing layanan pinjol yang digunakan.

Sumber: