5 Penyebab Indikator Aki Kendaraan Menyala, Apakah Ini Tanda Awal Adanya Masalah Serius?

5 Penyebab Indikator Aki Kendaraan Menyala, Apakah Ini Tanda Awal Adanya Masalah Serius?

ACCU - Lampu indikator aki kendaraan menyala saat mesin kendaraan hidup bisa menjadi tanda adanya masalah serius pada sistem pengisian atau aki kendaraan.-freepik-

Tegangan yang diterima oleh aki dan sistem listrik lainnya tidak mencukupi, yang dapat menyebabkan lampu indikator aki menyala. Pemeriksaan kabel pengisian secara berkala dapat membantu mengidentifikasi dan memperbaiki kerusakan sebelum menjadi masalah besar.

BACA JUGA: Dari Faktor Lingkungan hingga Perawatan yang Tidak Benar, Berikut 4 Penyebab Kaki Mobil Mudah Keropos

BACA JUGA: Penyebab Aki Mobil Cepat Soak, Jangan Sampe Hal Ini Terjadi pada Mobil Kesayangan Kamu

3. Kondisi Aki yang Lemah

Aki kendaraan berfungsi menyimpan dan menyediakan daya listrik saat mesin mati atau ketika kebutuhan listrik melebihi kapasitas alternator. 

Aki yang sudah tua, rusak, atau memiliki sel yang rusak akan kehilangan kemampuannya untuk menyimpan muatan listrik dengan baik. Akibatnya, lampu indikator aki bisa menyala. Penting untuk mengganti aki yang sudah melemah atau rusak untuk menjaga performa kendaraan.

4. Koneksi Listrik yang Buruk

Koneksi listrik yang buruk antara komponen-komponen dalam sistem pengisian dan sistem listrik kendaraan dapat mengganggu aliran listrik. Hal ini bisa terjadi karena korosi, longgarnya koneksi, atau kerusakan fisik pada terminal. 

Gangguan ini dapat menyebabkan lampu indikator aki menyala. Memastikan semua koneksi listrik dalam kondisi baik dan bebas dari korosi adalah langkah penting untuk mencegah masalah ini.

BACA JUGA: Tips Supaya Aki Mobil Toyota Rush Awet, Lakukan Hal Ini Ketika Memanaskan Mesin Mobil

BACA JUGA: Tips Merawat Aki Mobil Daihatsu Terios Agar Tidak Cepat Ngadat, Praktis dan Jitu

5. Soket Pengisian Terlepas

Soket pengisian yang terlepas atau tidak terpasang dengan benar dapat mengganggu aliran listrik antara alternator dan aki. Hal ini menyebabkan lampu indikator aki menyala karena tidak ada koneksi yang stabil. 

Memastikan soket pengisian terpasang dengan benar dan dalam kondisi baik adalah langkah pencegahan yang efektif.

Cara Mengatasi Indikator Aki Menyala

Sumber: