Panas-panasan Bikin Baterai Mobil Listrik Cepat Tua? Ini Solusinya!

Panas-panasan Bikin Baterai Mobil Listrik Cepat Tua? Ini Solusinya!

OTOMOTIF- Baterai mobil listrik harus selalu mempunyai suhu yang optimal agar terhindar dari kerusakan.-(Ilustrasi Pinterest)----

radartegal.id - Sebagai anak muda kekinian yang cinta lingkungan, pasti kamu sudah nggak asing lagi dengan mobil listrik. Kendaraan ramah lingkungan ini nggak hanya keren dan bebas emisi, tapi juga terkesan futuristik dan menunjang gaya hidup masa kini. Tapi, tahukah kamu kalau baterai mobil listrik, ternyata sensitif terhadap panas?

Yup, panas yang ekstrem bisa bikin baterai mobil listrik cepat tua dan kapasitasnya menurun. Hal ini tentu bikin jarak tempuh mobilmu berkurang dan performanya menurun. 

Tenang aja, bro dan sista! Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga suhu interior mobil listrik agar baterainya tetap awet dan kamu bisa tetap meluncur keren di jalanan.

1. Parkir di Tempat Teduh

Langkah pertama dan paling mudah adalah mencari tempat parkir yang teduh saat kamu sedang bepergian. Hindari memarkir mobilmu di bawah sinar matahari langsung, terutama saat siang hari yang panasnya bikin ngenes. 

BACA JUGA: Mobil Listrik Paling Laris di Indonesia, Nomer 2 Bikin Mupeng

BACA JUGA: Deretan Harga Mobil Listrik Jaecoo Series yang Ramah Kantong dan Kaya Fitur

Kalau terpaksa parkir di luar ruangan, usahakan mencari tempat parkir di bawah pohon rindang atau gunakan payung mobil khusus.

2. Gunakan Penyejuk Udara

Saat cuaca panas, gunakan penyejuk udara (AC) di dalam mobilmu. Atur suhunya secukupnya, nggak perlu terlalu dingin, yang penting interior mobil tetap sejuk dan nyaman. Hindari menyalakan AC terlalu dingin karena bisa membuat konsumsi energi mobil lebih boros.

3. Manfaatkan Ventilasi Alami

Saat cuaca nggak terlalu panas, buka jendela mobil untuk sirkulasi udara alami. Hal ini membantu menurunkan suhu interior tanpa harus menggunakan AC dan menghemat energi. Tapi, hati-hati ya kalau kamu sedang berada di daerah yang banyak polusi, lebih baik tutup jendela dan gunakan AC aja.

4. Gunakan Kaca Film

Sumber: