Mitos Tidur dengan Kucing Bisa Mandul, Ternyata Ini Fakta Sebenarnya

Mitos Tidur dengan Kucing Bisa Mandul, Ternyata Ini Fakta Sebenarnya

Mitos Tidur dengan Kucing Bisa Mandul--

Radartegal.id - Tidur dengan kucing memang sering dianggap berbahaya karena parasit dan bakteri yang bisa ditularkan oleh kucing kepada manusia. Namun, sebenarnya bukan kucingnya yang berbahaya, melainkan parasit dan bakteri yang ada pada kucing tersebut.

Mitos bahwa tidur dengan kucing bisa menyebabkan kemandulan atau kesulitan hamil sebenarnya perlu dipertanyakan kebenarannya. Untuk mendapatkan informasi dan penjelasan lebih lanjut tentang mitos tersebut, simak berikut ini ulasannya.

Fakta di balik mitos tidur dengan kucing bisa mandul

Ketika tidur bersama kucing, kamu harus memperhatikan dan waspada terhadap parasit yang mereka bawa. Kucing bisanya mempunyai parasit yang bisa menyebabkan infeksi toksoplasma, yaitu infeksi yang disebabkan oleh parasit Toksoplasma gondii T.

Kucing yang sehat, menjaga kebersihan dengan baik, dan rutin diperiksa oleh dokter mungkin memiliki risiko kecil terkena parasit ini. Namun, kucing yang sering bermain di luar rumah dan kurang diperhatikan kebersihan serta kesehatannya memiliki risiko besar membawa parasit ini.

BACA JUGA: Dianggap Punya Khodam, Mitos Kucing Kembang Telon Sering Dijadikan Penentu Keberuntungan

BACA JUGA: Benarkah Pertanda Nasib Seseorang? Ini Mitos Menyapu pada Malam Hari yang Masih Dipercaya Hingga Sekarang

Parasit toksoplasma dapat masuk ke dalam tubuh kucing melalui berbagai cara, seperti tanah yang terkontaminasi, muntahan, kotoran hewan yang terinfeksi, dan makanan mentah. Selain itu, toksoplasma juga dapat dengan mudah menyebar ke hewan peliharaan lain melalui kotak pasir yang sudah tercemar.

Parasit ini dapat bertahan pada kotoran kucing selama dua minggu atau lebih. Parasit toksoplasma juga dapat menyerang burung dan tikus, ketika kucing berburu dan memakan hewan-hewan tersebut, parasit ini dengan mudah berpindah ke dalam tubuh kucing.

Namun, tidak perlu terlalu khawatir jika kita terinfeksi parasit toksoplasma, terutama bagi wanita. Menurut peneliti dari Winchester Hospital, tidak ada alasan untuk panik karena infeksi toksoplasma tidak akan membuat kita mandul atau mengurangi kesuburan kita.

Kucing biasanya hanya mengalami infeksi parasit ini sekali selama hidupnya. Saat kucing terinfeksi dan menyebarkan toksoplasma, antibodi akan membentuk pertahanan agar parasit tersebut tidak masuk lagi ke dalam tubuhnya.

BACA JUGA: 7 Mitos Kucing Warna Belang Tiga yang Sering Dikaitkan dengan Hal Spiritual, Percaya?

BACA JUGA: Mitos Tentang Burung Perkutut Berbunyi di Malam Hari, Bisa Jadi Pertanda Baik dan Buruk untuk Pemiliknya

Sumber: