7 Pertimbangan Sebelum Berikan Izin Akses Aplikasi Pinjol yang Harus Diketahui, Jangan Asal ACC!

7 Pertimbangan Sebelum Berikan Izin Akses Aplikasi Pinjol yang Harus Diketahui, Jangan Asal ACC!

Izin akses aplikasi pinjol-freepik-

Jika aplikasi pinjol meminta izin akses, ada baiknya ada batasi alias tidak semua disetujui. Pertimbangkan untuk memberikan akses yang terbatas hanya untuk informasi yang memang dibutuhkan untuk proses aplikasi. 

BACA JUGA: 5 Tips Pinjol Cepat ACC 2024, Lakukan Hal Ini Maka Dana Akan Langsung Cair

BACA JUGA: Frustasi Karena Pengajuan Pinjol Selalu Ditolak? Ini Penyebab dan Solusinya

Jangan sampai Anda memberikan akses yang tidak perlu atau terlalu luas. Misalnya sampai ke akses media seperti foto video yang tidak dibutuhkan dalam pinjaman online.

4. Gunakan Opsi Keamanan 

Pertimbangan sebelum menyetujui izin akses pinjol selanjutnya bisa coba opsi keamanan tertentu. Contohnya seperti pengaturan privasi yang disediakan oleh platform bersangkutan. Anda bisa aktifkan otentikasi dua faktor demi melindungi akun Anda dari peretasan.

5. Periksa Reputasi Pinjol 

Sebelum berikan izin akses aplikasi pinjol, ada baiknya Anda cek dulu reputasi platform tersebut. Cara termudah yaitu Anda bisa membaca ulasan dari pengguna sebelumnya terkait aplikasi itu.

Jangan lupa cek juga legalitas dari aplikasi apakah sudah resmi OJK atau belum. Jika belum, jangan sesekali memasang aplikasi ilegal tersebut karena data-data penting Anda berisiko diretas.

BACA JUGA: Pinjol Legal vs Ilegal, Awas! Jangan Sampai Salah Pilih dan Terjerat

BACA JUGA: 5 Tips Pinjol Cepat ACC 2024, Lakukan Hal Ini Maka Dana Akan Langsung Cair

6. Monitor Aktivitas Akun 

Alasan mengapa pinjol perlu izin akses sebenarnya untuk kemudahan dalam mengelola pinjaman debiturnya. Namun, Anda juga harus selalu cek akun Anda untuk mendeteksi adanya tindakan kecurangan atau yang tidak diinginkan.

Jika memang ada aktivitas yang mencurigakan, segera ambil langkah-langkah untuk melindungi diri akun dan data Anda. Misalnya dengan mengubah kata sandi atau menghubungi penyedia layanan.

Sumber: