5 Penyebab AC Cepat Rusak, Jangan Sepelekan Agar Tidak Menyesal

5 Penyebab AC Cepat Rusak, Jangan Sepelekan Agar Tidak Menyesal

Penyebab AC Cepat Rusak.--

radartegal.id – Pendingin ruangan atau AC sangat bermanfaat bagi Anda yang hidup di daerah perkotaan yang memiliki kualitas suhu cukup panas. Berikut ini penyebab AC cepat rusak.

Air conditioner (AC) tentu seperti barang elektronik pada umumnya  yang memerlukan perawatan suapaya  tetap awet dan prima. Berikut ini penyebab AC cepat rusak.

Tahukah Anda bahwa  terdapat kebiasaan yang bisa memicu AC jadi mudah cepat rusak, lho. Berikut ini  penyebab AC cepat rusak.

Penyebab AC cepat rusak

Umumnya, terdapat beberapa penyebab AC di rumah cepat rusak. Ada pun kerusakan ini dapat juga disebabkan karena internal dari unit AC atau pun faktor eksternal darilingkungan tempat AC terpasang, ya.

BACA JUGA: Ketahui Penyebab AC Tidak Menyala Setelah Mati Lampu, Ini 5 Cara Meresetnya

1. AC Jarang Dibersihkan

Salah satu penyebab AC cepat rusak paling umum yakni AC jarang Anda bersihkan. Perlu Anda ingat bahwa meskipun AC memiliki usia penggunaan cukup lama, namun Anda tetap perlu menservice dan membersihkannya  secara rutin supaya dapat terhindar dari masalah kerusakan.

Fungsi AC sendiri tidak hanya  memberikan udara sejuk pada ruangan Anda. Namun juga untuk menjernihkan udara di ruangan di mana AC Anda pasang.

AC juga berfungsi untuk menyaring  udara kotor. Sehingga kualitas udara di dalam ruangan akan lebih bersih dan sejuk.

2. Tegangan Listrik Kurang Stabil

Tahukah Anda bahwa apabila listrik di rumah sering mengalami mati listrik. Maka dapat menjadi salah satu penyebab AC di rumah cepat rusak.

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Merk AC Terbaik untuk Kamar Tidur, Hemat Listrik Sampai 260 Watt dan Punya Fitur Anti Debu

Sebab, pendingin ruangan memerluukan aliran atau tegangan listrik yang  stabil untuk bisa bekerja dengan baik. Tegangan listrik yang tidak stabil inilah, bisa menyebabkan beragam kerusakan pada komponen AC sampai korslet dan kerusakan parah lainnya.

Mengapa demikian? Karena AC memerlukan tegangan listrik yang lebih besar dibandingkan dengan peralatan elektroniklainnya. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda bisa menyesuaikan beban listrik dengan jumlah watt atau jumlah alat elektronik yang Anda gunakan di rumah, ya.

3. Sering Mematikan dan Menyalakan AC

Tahukah Anda bahwa ternyata sering mematikan dan menyalkan AC dengan waktu berdekatan dapat membuat AC cepat rusak, lho. Mengepa demikian? Karena kompresor yang bekerja lebih keras dengan menghantarkan daya dan energi darisumber listrik ke unit AC terus-menerus.

Nah, kerusakan pada kompresor inilah bisa menyebabkan beragam kerusakan lainnya hingga yang paling buruk. Jika keadaannya sudah memburuk, maka Anda perlu mengganti unit AC lama dengan yang baru.

BACA JUGA: 6 Tips Merawat AC Rumah Agar Awet, Nomor 3 Jarang Banget Dilakukan

4. AC Dibiarkan Terus Menyala

Seperti yang Anda ketahui bahwa menyalakan AC pada musin panas menjadi hal yang sangat menyenagkan dan menyejukkan bukan. Dengan kondisi ruangan yang  dingin pada musin panas maka akan membuat Anda lebih nyaman dalam menyelesaikan pekerjaan atau pun hanya sekadar beristirahat.

Namun, tahukah Anda bahwa kegiatan tersebut ternyata bisa memperpendek usia penggunaan AC Anda, lho. AC yang terus menyala diketahui bisa menjadi salah satu penyebab AC cepat rusak.

Dengan intensitas pengunaan yang  tinggi, maka membuat AC bekerja lebih keras dari biasanya. Apalagi ditambah Anda memasang Acdi suhu rendah secara terus-menerus.

Hal tersebut tentu dapat mempercepat kerusakan pada unit pendingin ruangan atau AC. oleh karena itu, matikan AC pada saat tidak Anda gunakan.

BACA JUGA: Wajib Hindari, Ini Kesalahan dalam Penggunaan AC yang Bisa Bikin Boros Listrik dan Cepat Rusak

Karena dengan mematikan AC, maka Anda telah memberi waktu istirahat bagi AC. Tidak hanya itu, menggunakan AC dengan seperlunya maka Anda berkontribusi pada penyelamatan lingkungan dan memperkecil efek dari pemanasan global.

5. Freon pada AC Bocor

Kebocoran pada freon atau refrigerant AC juga bisa menjadi penyebab AC cepat  rusak. Freon sendiri memiliki fungsi sebagai zat  pendingin udara yang dapat membantu pertukaran udara panasmenjadi dingin.

Ada pun salah satu tanda bahwa freon pada AC alami kebocoran yakni munculkan bunga es seperti pada  kulkas di bagian pipa sambungan unit indoor dengan unit outdoor. Untuk kebocoran pada freon ini bisa karena pipa slauran yang bertugas mengalirkan udara dingin keluar tersumbat oleh kotoran atau pun debu.

Demikian ulasan mengenai penyebab AC cepat rusak. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Sumber: