7 Hewan yang Mitosnya Dikaitkan dengan Kematian, Ada yang Bisa Mengontrol Arwah?

7 Hewan yang Mitosnya Dikaitkan dengan Kematian, Ada yang Bisa Mengontrol Arwah?

7 hewan yang mitosnya dikaitkan dengan kematian-freepik-

BACA JUGA: 5 Mitos tentang Hewan Mitologi Kuda Sembrani, Sering Dianggap Mirip Pegasus dari Yunani

BACA JUGA: 6 Mitos yang Terkenal di Bali dan Dipercaya sampai Sekarang, Salah Satunya Makhluk Mitologi Ini

3. Kupu-kupu 

Meski berwarna indah dan begitu cantik, ternyata kupu-kupu termasuk hewan dengan mitos yang berhubungan dengan kematian, lho. Kupu-kupu memang juga sering dianggap simbol transformasi atau kehidupan baru.

Namun di beberapa kepercayaan, hewan cantik ini juga dikaitkan dengan kematian. Hal ini bisa jadi karena proses metamorfosis yang mengubah ulat menjadi kupu-kupu, dianggap sebagai analogi untuk proses kematian dan reinkarnasi.

4. Ular 

Hewan yang memiliki mitos kematian berikutnya yaitu ular. Reptil ini dianggap berhubungan dengan kematian, bisa jadi karena banyak spesies ular yang berbisa mematikan.

Bisa juga karena kemampuannya untuk mengganti kulit, sehingga ular sering kali dikaitkan dengan mitos kematian dan reinkarnasi. Mitos soal ular ini juga ada dalam Primbon Jawa, seperti jika ada kehadiran ular di rumah sampai mimpi tentang ular membawa tanda tertentu.

BACA JUGA: 6 Mitos yang Berkaitan dengan Anjing, Banyak Disebut Hewan Penghubung dengan Dunia Gaib

BACA JUGA: Sejarah Asal-usul dan Mitos Wisata Curug Putri, Konon Tempat Turunnya Bidadari dari Kahyangan ke Bumi

5. Burung Hantu 

Hewan yang mitosnya dikaitkan dengan kematian lainnya yaitu burung hantu. Di beberapa budaya bahkan negara, burung ini dianggap sebagai pembawa pesan dari dunia roh atau sebagai penjaga kematian. 

Burung ini juga sering dikaitkan dengan kegelapan dan misteri, sehingga makin membuatnya menjadi simbol kematian dalam beberapa tradisi. Apalagi ia termasuk hewan nokturnal dengan suara dan tampang yang cukup seram.

6. Anjing Hitam 

Sumber: