Safari Kamtibmas Kapolda Jateng di Tegal, Unsur 3 Pilar Diminta Selalu Kompak Hadapi Pilkada Serentak 2024

Safari Kamtibmas Kapolda Jateng di Tegal, Unsur 3 Pilar Diminta Selalu Kompak Hadapi Pilkada Serentak 2024

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat berdialog dengan tokoh masyarakat di Tegal dalam Safari Kamtibmas jelang Pilkada 2024--

TEGAL, radartegal.id - Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2024, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menggelar safari Kamtibmas di Kota Tegal, Kamis 6 Juni 2024. Kegiatan diikuti unsur 3 pilar yakni TNI-Polri dan Pemerintah serta masyarakat.

Dalam penyampaiannya, Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi mengatakan agenda nasional saat ini yakni, rangkaian kegiatan dalam rangka pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2023. Karenanya, TNI-Polri bekerja keras melaksanakan pengamanan untuk menjaga agar situasi tetap kondusif.

"Meski begitu, keamanan tidak hanya menjadi tanggung jawab TNI-Polri saja. Namun juga stakeholder yang ada, seperti tokoh agama, pemuda, lintas sektoral, lainnya serta Tiga Pilar yang hari ini hadir di sini," ungkap Kapolda.

Menurut Kapolda, berkat sinergitas dari Tiga Pilar yaitu TNI-Polri dan Pemerintah, maka keamanan dan ketertiban dapat terwujud dari desa hingga tingkat provinsi. Sinergi Tiga Pilar, menciptakan Desa, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Negara menjadi aman.

BACA JUGA: Polda Jateng Siap Amankan Pemilu 2024, Kapolda: Personel Sudah Paham dan Tak Mudah Terpancing Provokasi

BACA JUGA: Kapolda Jateng Minta Pejabat 6 Pilar Jadi Cooling System Pemilu 2024

"Pemilu seringkali menimbulkan konflik antar masyarakat karena perbedaan pilihan sehingga, dapat membuat masyarakat terbelah. Namun, dengan adanya kerja sama dan gotong royong semua pihak, situasi bisa teratasi," ujarnya.

Kapolda menegaskan Polda Jateng bersama stakeholder terkait berupaya keras dalam gelaran Pileg dan Pilpres kemarin. Dengan menggelar Operasi Mantap Brata 2024 terkait pengamanan Pemilu yang sudah hampir selesai. 

"Namun, tugas panjang juga sudah menanti kembali. Karena akan berlanjut dengan adanya Operasi Mantap Praja dalam rangka pengamanan Pilkada serentak," terangnya.

Kapolda kemudian mengajak kepada semua pihak untuk merekatkan kembali masyarakat yang sempat terbelah dan berhadap-hadapan. Karena itu, penting untuk menyamakan persepsi guna mencegah konflik komunal dan horizontal di kewilayahan.

BACA JUGA: Malam-malam Cek TKP Kebakaran Kapal di Pelabuhan Jongor Tegal, Kapolda Jateng: 15 Saksi Sudah Diperiksa

BACA JUGA: Kapolres Terlibat Judi Akan Langsung Dicopot, Kapolda Janji Babat Setiap Aksi Perjudian Tanpa Pandang Bulu

"Kita perlu menyamakan persepsi agar tidak ada lagi konflik komunal maupun horizontal di wilayah, karena akan bersama-sama melaksanakan Operasi Mantap Praja. Tiga pilar yang hadir saat ini harus bisa memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat khususnya warga Kota dan Kabupaten Tegal," tegas Kapolda.

Sumber: