Mitos Waduk Malahayu Brebes, Penunggunya Seekor Ular Raksasa Bernama Si Buntung

Mitos Waduk Malahayu Brebes, Penunggunya Seekor Ular Raksasa Bernama Si Buntung

mitos waduk malahayu kabupaten brebes --

“Karena kasihan, Ki Jaminar membawanya ke rumah untuk dirawat dan dipelihara. Namun, lama kelamaan ular itu semakin besar, sehingga rumah Ki Jaminar tak bisa menampungnya. Kemudian Ular Besar yang dijuluki Si Buntung itu dipindahkan ke Waduk Malahayu,” kata salah satu warga setempat.

Dari cerita yang berkembang di tengah masyarakat, Si Untung yang menjadi penjaga Waduk Malahayu itu tidak mengganggu pengunjung. Sebaliknya, sosok misterius itu membantu pengunjung yang tenggelam.

Pernah suatu waktu ada pengunjung tenggelam, namun, tiba-tiba sudah ada di tepi waduk. Setelah siuman, orang yang tenggelamn itu katanya didorong seekor ular besar ke tepi waduk.

Tidak hanya misteri Si Untung, Waduk Malahayu juga terdapat mitos apabila sepasang pegantin memggunakan air waduk untuk mencuci muka mereka atau mandi jodohnya bakal abadi sampai mati. 

Bahkan, sampai sekarang ada beberapa pasang pengantin yang datang untuk cuci muka atau mandi. Konon katanya  kalau sepasang pengantin mencuci muka dengan dengan air waduk itu katanya jodohnya akan langgeng atau abadi.

                               

BACA JUGA: 4 Mitos Seputar Hewan Tokek, Bunyinya Sering Dikait-kaitkan sebagai Pemanggil Rejeki dan Kekayaan

BACA JUGA: Selain Menikah, Ini Mitos Malam Satu Suro yang Tak Boleh Dilanggar agar Terhindar dari Kesialan

Penutup

Mitos Waduk Malahayu yang berada Brebes konon katanya  termasuk destinasi wisata air legendaris peninggalan dari kolonial yang di bangun pada era pemerintahan Hindia Belanda. Penunggu Waduk Malahayu adalah seekor ular raksasa Bernama Si Buntung.

Demikian informasi mengenai mitos Waduk Malahayu Kabupaten Brebes semoga bermanfaat.

Sumber: