Deretan Negara yang Kecam Israel, untuk Hentikan Serangan yang Brutal ke Rafah

Deretan Negara yang Kecam Israel, untuk Hentikan Serangan yang Brutal ke Rafah

--

radartegal.id - Pada beberapa minggu terakhir, dunia internasional gempar akibat serangan brutal yang dilakukan militer Israel di Rafah, Gaza. Serangan ini telah memicu gelombang kecaman dari berbagai negara, termasuk dari sekutu-sekutu barat yang biasanya mendukung Israel. 

Para pemimpin dunia semakin gencar mendorong adanya gencatan senjata antara Israel dan Hamas, serta menyerukan pentingnya aliran bantuan kemanusiaan yang tidak terhalang ke wilayah yang terdampak. 

Mengutip rangkuman video youtube Kompas.com berikut daftar negara yang kecam Israel.

Perancis

Presiden Perancis, Emmanuel Macron, menjadi salah satu pemimpin yang vokal dalam mengecam aksi militer Israel di Rafah. Macron dengan tegas meminta agar operasi militer tersebut segera dihentikan. 

BACA JUGA: Harapan Baru, Palestina Kibarkan Bendera Spanyol, Norwegia, dan Irlandia di Tepi Barat atas Dukungannya

Menurutnya, serangan ini tidak hanya memperburuk situasi di Gaza, tetapi juga menghambat upaya perdamaian yang sedang diusahakan oleh berbagai pihak.

Jerman

Jerman, yang dikenal sebagai salah satu pendukung setia Israel dan pemasok utama senjata bagi negara tersebut, mulai menunjukkan tanda-tanda pergeseran sikap. 

Politisi Jerman, Robert Habeck, mengkritik serangan Israel di Jalur Gaza sebagai tindakan yang tidak sesuai dengan hukum internasional. Kritik ini menunjukkan bahwa ada keraguan yang semakin besar di kalangan sekutu Israel mengenai kebijakan militer yang mereka jalankan.

Italia

Sumber: