Mistos Jembatan Kalipah Tegal, Sosok Buaya Putih Di Dalamnya Dijadikan Pengait Praktik Pesugihan

Mistos Jembatan Kalipah Tegal, Sosok Buaya Putih Di Dalamnya Dijadikan Pengait Praktik Pesugihan

mitos jembatan kalipah--

TEGAL,radartegal.id- Kabupaten Tegal tidak hanya dikenal memiliki wisata unggulan seperti Pemandian Air Panas Guci dan wisata Pantai Alam Indah, maupun kuliner sate kambing muda nya saja, tapi juga menyimpan beberapa kisah mistis yang diyakini oleh sebagian masyarakat.

Salah satunya Mitos Jembatan Kalipah yang merupakan cerita mistis paling menakutkan di sepanjang jalur Pantura. Siapa pun yang melintasi Jalan Raya Tegal-Pemalang, Jawa Tengah tidak akan asing lagi dengan keberadaan jembatan yang terkenal mistis.

Jembatan yang letaknya di Kilometer 5 Jalan Raya Tegal-Pemalang, Jembatan Kalipah tidak hanya menyimpan nilai sejarah, melainkan juga kisah angker yang menghantui. Mulai dari cerita tentang siluman buaya putih, suara klakson yang menyelinap, hingga adanya sosok yang menggendong pengantin. 

Tak hanya itu Jembatan Kalipah juga miliki ritual kuno membuang koin sebagai bentuk persembahan turun-temurun yang udah menjadi bagian dari cerita yang beredar. Konon, sejumlah orang mengaitkan penampakan buaya putih ini dengan praktik pesugihan yang meresahkan.

BACA JUGA: Asal Usul Tradisi Sintren Tegal, Kesenian Lokal yang Dikenal Kental dengan Nuansa Mistis

Mistos Jembatan Kalipah Tegal

Jembatan kalipah ini merupakan bangunan peninggalan zaman penjajahan Belanda, yang merupakan akses transportasi penting di Jalur Pantura. Tetapi seiring berjalannya waktu, misteri dan cerita-cerita mistis tentang Jembatan Kalipah tersebut mulai menyebar di kalangan masyarakat. 

Warga dan masyarakat sekitar, mempercayai Jembatan Kalipah adalah tempat tinggal siluman buaya putih. Mereka percaya siluman buaya putih sebagai roh penunggu jembatan yang menjaga keseimbangan alam di sekitarnya dijembatan tersebut.

Mitos tersebut menyebar di masyarakat sekitar, diturunkan dari generasi ke generasi. Sehingga sampai dengan saat ini masih menjadi bagian dari kepercayaan, dan kebudayaan masyarakat Desa Padaharja Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.

Banyak paranormal yang melakukan penelitian di sekitar Jembatan Kalipah. Mereka mencari bukti-bukti keberadaan energi supranatural, atau jejak kehadiran siluman buaya putih yang dipercayai masyarakat.

BACA JUGA: Mitos Tarian Sintren Pantura, Awalnya Ritual Pemanggil Hujan Hingga Memunculkan Nuansa Mistis

BACA JUGA: 8 Arti Mitos Kupu-Kupu Masuk Rumah, Salah Satunya Akan Membawa Hoki Bagi Anda

Misteri salah satu jembatan di Jalur Pantura dan legenda siluman buaya putih telah menarik minat para penjelajah dan penggemar cerita misteri. Banyak orang yang datang dari berbagai daerah untuk merasakan sensasi mistis di sekitarnya.

Sumber: