Pemprov Jateng Raih Penghargaan ‘Digital Government Award’ dari Presiden Jokowi, Ternyata Karena Ini

Pemprov Jateng Raih Penghargaan ‘Digital Government Award’ dari Presiden Jokowi, Ternyata Karena Ini

Pemprov jateng raih penghargaan dari Presiden Jokowi--

JAKARTA, radartegal.id - Pemprov Jateng berhasil meraih penghargaan digital Government Award sebagai provinsi dengan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tertinggi. Penghargaan diserahkan langsung Presiden Joko Widodo kepada Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana.

Penyerahan penghargaan dilakukan di dalam acara SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin, 27 Mei 2024. Pemprov Jateng meraih penghargaan itu, lantaran dari hasil evaluasi Kementerian PANRB indeks SPBE mencapai angka 4,26 dengan predikat memuaskan.

Bahkan, indeks SPBE Pemprov Jateng menunjukkan peningkatan sejak 2021. Secara berturut indeks SPBE Jateng tahun 2021 sebesar 2,74, kemudian 2022 sebesar 3,34, dan 2023 sebesar 4,26.

Usai menerima penghargaan, Nana Sudjana mengatakan penghargaan itu merupakan suatu kebanggaan. Karena, Pemprov Jateng mendapatkan penghargaan digital government award-SPBE Summit 2024.

BACA JUGA: Pemprov Jateng Teken Kerja Sama dengan UNESCO-IHE Institute for Water Education di WWF Bali 2024

BACA JUGA: Mantap, Pemprov Jateng Raih Penghargaan 4 Kategori Anugerah Adinata Syariah 2024, Begini Kata Sekda

"Alhamdulillah tadi langsung diberikan Presiden. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami," kata Nana.

Menurut Nana, ada sejumlah sistem elektronik yang diterapkan oleh Pemprov Jateng dalam menjalankan roda pemerintahan. Di antaranya LaporGub, Open Data Jateng, e-makaryo, e-planning, dan e-budgeting. 

"Penghargaan yang diperoleh tersebut sebagai motivasi agar kedepan semakin baik dalam melayani masyarakat. Tentu saja ini merupakan kepercayaan yang harus terus ditingkatkan," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, birokrasi harus hadir melayani, bukan mempersulit dan memperlambat. Tolak ukurnya adalah kepuasan masyarakat, manfaat yang diterima masyarakat, dan memudahkan urusan masyarakat.

BACA JUGA: Tingkat Pengangguran Terbuka Turun, Kinerja Pemprov Jateng 2023 Mengalami Peningkatan

BACA JUGA: Nilai Integritas Pemprov Jateng 77,91, Pj Gubernur Nana Sudjana: Jauh Lebihi Nasional

"Agar semua kementerian dan lembaga (K/L) serta pemerintah daerah saling mengintegrasikan dan menginteroperabilitas aplikasi, data, dan layanannya. Kesederhaan dalam pelayanan dapat berdampak pada masyarakat," kata Presiden. (*)

Sumber: