Apakah Usia Komponen Sepeda Motor Ada Batas Aturan Pakainya? Begini Penjelasannya

Apakah Usia Komponen Sepeda Motor Ada Batas Aturan Pakainya? Begini Penjelasannya

CAKRAM - Dengan mengetahui tentang usia komponen pada motor ini, kalian lebih bisa merawat kendaraan agar tetap optimal dan nyaman di kendarai.-(Foto: Istimewa)-

2. Cakram

Kedua, piringan cakram. Piringan cakram termasuk slow moving part karena usia pakainya cukup panjang. Tidak ada patokan pasti untuk usia pakainya karena tergantung pada pemakaian dan gaya berkendara. 

Pabrikan biasanya memberikan tanda minimal ketebalan cakram, misalnya 3 mm. Jika ketebalan sudah mencapai batas minimal, cakram harus diganti demi keamanan.

3. Lampu

Ketiga, kita bahas lampu. Ada lampu fast moving dan slow moving. Lampu LED seperti pada motor Vario 150 termasuk slow moving dengan daya tahan hingga 60.000 jam. 

Sedangkan lampu pijar biasa hanya bertahan 500 jam dan lampu halogen bisa bertahan hingga 1000 jam. Lampu sein, meskipun masih menggunakan model bola pijar, lebih awet karena nyalanya jarang-jarang.

BACA JUGA: Ngecas Motor Listrik di Rumah Gak Bisa Asal Colok? Begini Cara Selengkapnya

4. Busi

Usia komponen pada motor berikutnya adalah busi. Busi standar motor harus diganti setiap 6000 km. Jika menggunakan busi platinum, usia pakainya bisa mencapai 30.000 km, dan busi iridium bisa bertahan hingga 50.000 km. Namun, busi dengan umur panjang biasanya lebih mahal.

5. Aki 

Kelima, aki. Usia pakai aki menurut pabrikan adalah 2-4 tahun. Gaya berkendara dan frekuensi penggunaan starter mempengaruhi usia aki. Jika motor sering dinyalakan dan dimatikan dalam waktu singkat, aki akan cepat habis karena belum sempat terisi penuh.

Sumber: