7 Tips Cara Merawat Mesin Motor, Perhatikan Hal Ini Agar Motor Anda Tetap Halus dan Nyaman

7 Tips Cara Merawat Mesin Motor, Perhatikan Hal Ini Agar Motor Anda Tetap Halus dan Nyaman

Begini 7 tips cara merawat mesin motor--

Untuk menjaga kendaraan Anda dalam kondisi baik, lakukan service secara berkala di bengkel resmi. Jika Anda tidak tahu kapan harus melakukan service, Anda dapat merujuk pada buku panduan pemilik kendaraan.

Service berkala dapat dilakukan berdasarkan jarak tempuh atau periode waktu tertentu. Pilih mana yang lebih dulu tercapai untuk melakukan service.

3. Hindari Tune Up yang Berlebihan

Hindari penggunaan kendaraan secara berlebihan atau terus menerus. Penggunaan berlebihan akan membuat mesin dan komponen mesin mengalami penurunan kinerja. Jika kendaraan digunakan terus menerus, mungkin Anda perlu melakukan perbaikan atau tune up.

BACA JUGA: Panduan Lengkap Merawat CVT Belt Motor Agar Awet dan Tidak Mudah Putus

 

4. Gunakan Motor Sesuai Kapasitas Mesin

Gunakan kendaraan Anda sesuai dengan kapasitas mesinnya. Hindari berkendara dengan menggeber gas terlalu keras, karena hal ini dapat memengaruhi mesin secara negatif. Penggunaan yang berlebihan dan tidak sesuai dengan kapasitas mesin dapat menyebabkan keausan pada komponen seperti rantai, piston, dan katup. Kendaraan sebaiknya digunakan secara efisien tanpa perlu terlalu memaksakan mesin.

5. Jaga Kebersihan Kendaraan

Jaga kebersihan kendaraan dengan rutin membersihkannya, misalnya mencuci motor setiap minggu. Jika kendaraan Anda terkena hujan atau kotor, segera bersihkan untuk menghindari korosi dan kerusakan. Membersihkan kendaraan secara teratur dapat meningkatkan performa mesin.

6. Periksa Kondisi Aki

Aki adalah komponen vital dalam mesin kendaraan. Untuk memeriksa kondisi aki, lakukan pengecekan rutin. Terdapat dua jenis aki, yaitu aki kering dan aki basah. Jika aki kering mengalami penurunan, Anda perlu mengisi ulang aki di bengkel aki terdekat. Untuk aki basah, pastikan selalu menjaga level airnya dengan benar.

7. Periksa Kondisi Ban

Sumber: