Cepat Namun Tak Aman, Ini 5 Efek Negatif Cas Mobil Listrik dengan Fast Charging

Cepat Namun Tak Aman, Ini 5 Efek Negatif Cas Mobil Listrik dengan Fast Charging

5 efek negatif cas mobil listrik dengan fast charging-freepik-

Hal ini bisa mengakibatkan berkurangnya kapasitas penyimpanan energi. Selain itu bisa berisiko membuat umur baterai umur jadi lebih pendek dari yang diharapkan.

3. Peningkatan Risiko Keamanan 

Efek negatif cas mobil listrik dengan fast charging juga berisiko pada keamanan. Pengisian daya arus tinggi terutama jika sistem pengisiannya tidak dirancang baik, bisa berisiko merusak baterai. 

Hal ini juga termasuk jika pengisian dilakukan saat kondisi baterai yang tidak optimal. Risiko keamanan seperti kebakaran atau kerusakan pada komponen kendaraan bisa saja terjadi.

4. Biaya Operasional Lebih Mahal

Risiko menggunakan fast charging saat cas mobil listrik tidak hanya dari segi performa serta keamanan, namun juga berdampak pada biaya operasionalnya. Pengisian fast charging biasanya lebih mahal daripada pengisian biasa.

BACA JUGA : Tanda-Tanda dan Jenis Kerusakan Baterai Mobil Listrik, Pengendara Gak Boleh Abaikan Ini

Apalagi jika menggunakan stasiun pengisian cepat komersial. Penggunaan fast charging secara teratur bisa meningkatkan biaya operasional penggunaan mobil listrik.

5. Efisiensi Energi Menurun 

Efek negatif cas mobil listrik dengan fast charging lainnya yaitu adanya penurunan efisiensi energi. Pengisian baterai dengan arus tinggi bisa meningkatkan konversi energi yang hilang jadi panas, sehingga efisiensi energi secara keseluruhan berkurang.

Penutup

Meski fast charging memiliki sejumlah efek buruk pada kesehatan baterai mobil listrik, tetap saja fitur ini sangat berguna. Terutama jika pengguna sedang buru-buru saat perjalanan.

Fitur fast charging bisa mempercepat waktu pengisian dan memberikan kenyamanan ekstra bagi pengguna mobil listrik. Perlu Anda tahu, jika ingin menggunakan fitur ini lebih baik diimbangi juga dengan pengisian reguler menggunakan pengisian level 2.

BACA JUGA : Tips Hemat Baterai Mobil Listrik, Mudik Nyaman, Aman, dan Ramah Lingkungan

Sumber: