Sering Salah! Begini Cara Merawat Ban Tubeless Paling Tepat Pada Motor

Sering Salah! Begini Cara Merawat Ban Tubeless Paling Tepat Pada Motor

Cara Merawat Ban Tubeless Pada Motor--

Pastikan tekanan Angin dalam keadaan yang tepat. Hindari kekurangan Angin karena dapat merusak ban. Tekanan Angin yang terlalu tinggi akan membuat perjalanan tidak nyaman, seperti melayang dan tidak merasa melekat pada jalan.

Biasanya, pabrikan telah menetapkan standar tekanan Angin yang diperlukan untuk ban depan dan belakang. Untuk sepeda motor bebek dan skuter otomatis, tekanan Angin yang optimal adalah sekitar 28-30 psi untuk roda depan dan sekitar 33-34 psi untuk roda belakang.

4. Lakukan pengecekan secara rutin

Inspeksi ban secara berkala untuk mendeteksi tanda-tanda kerusakan seperti paku atau benda tajam lainnya yang bisa menusuk ban. 

5. Jangan biarkan ban kempes terlalu lama

Ban yang mengalami kebocoran sebaiknya tidak dibiarkan, terutama jika masih digunakan. Karena kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada ban dan bahkan dapat memengaruhi velg.

Velg dapat menjadi tidak akurat lagi dalam bentuknya, dan yang pasti, ini akan menghasilkan tambahan biaya untuk perbaikan atau penggantian.

6. Hindari pengereman tiba-tiba

Pengereman tiba-tiba dapat menyebabkan ban terkunci dan mengurangi daya cengkram ban.

7. Jangan beli ban yang sudah expired

Cara merawat ban tubeless selanjutnya ialah jangan beli yang sudah kedaluwarsa. Biasanya ban akan terasa keras, kaku, dan karetnya sudah mengeras.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dengan cermat saat membeli ban motor. Untuk mengetahui apakah sebuah ban telah kedaluwarsa atau belum, Anda dapat memeriksa petunjuk yang tertera pada sisi ban, di sekitar garis lingkar ban. 

8. Hindari suhu ekstrem

Hindari mengoperasikan sepeda motor dalam suhu yang ekstrim, baik itu suhu panas berlebihan atau dingin yang sangat ekstrem, karena kondisi tersebut dapat mempengaruhi kualitas ban.

9. Penyimpanan yang tepat

Sumber: