6 Cara Menghilangkan Komedo Secara Permanen, Blackhead Auto Hilang Guys

6 Cara Menghilangkan Komedo Secara Permanen, Blackhead Auto Hilang Guys

Cara menghilangkan komedo-freepik-

RADAR TEGAL - Siapa sih yang nggak terganggu sama yang namanya komedo? Bukan cuma mengganggu penampilan, tetapi bagi sebagian orang, komedo juga bisa menimbulkan jerawat dan akhirnya menurunkan rasa percaya diri. Lalu bagaimana cara menghilangkan komedo secara permanen?

Nggak cuma perempuan, laki-laki pun bisa terganggu dengan keberadaan komedo. Untuk itu, saya akan kasih tahu beberapa cara untuk menghilangkan komedo.

Menurut dr. Deski yang kami kutip dari channel youtube Alodokter, selain jerawat, komedo memang jadi masalah kulit yang sering dialami banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan. 

Sebenarnya, komedo termasuk dalam jenis jerawat. Komedo nggak cuma muncul di hidung, tapi juga bisa muncul di leher, dada, punggung, bahkan di bagian pantat. Hayo, siapa yang baru tahu kalau komedo termasuk jerawat dan nggak cuma muncul di wajah?

BACA JUGA: Fresh dan Glowing Seharian dengan Air Mawar, Ini 7 Manfaatnya untuk Kecantikan Alami Kulit

Pada dasarnya, komedo ada dua macam, komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead). Komedo putih terjadi karena folikel kulit dipenuhi dengan bakteri dan minyak yang tertutup oleh kulit, sehingga agak sulit dikeluarkan seperti jerawat. 

Sementara itu, komedo hitam terjadi karena pori-pori kulit yang lebih besar tersumbat oleh bakteri dan minyak, dan karena terbuka, warnanya menjadi hitam.

Meskipun berbeda, komedo hitam dianggap lebih mengganggu karena membuat wajah terlihat kotor. Sebelum saya melanjutkan penjelasan tentang komedo, saya mau kasih tahu kalau kamu punya pertanyaan spesifik seputar komedo atau masalah kesehatan lainnya dan ingin bertanya langsung ke dokter. 

Penyebab Komedo

Oke, lanjut ya. Sebenarnya, apa sih penyebab komedo? Ada banyak faktor yang bisa memicu timbulnya komedo, antara lain tipe kulit yang berminyak, kebiasaan buruk seperti merokok, penggunaan kosmetik yang bisa menyumbat pori-pori, dan perubahan hormon seperti pada saat pubertas, menstruasi, atau karena konsumsi pil KB. 

Selain itu, komedo juga bisa timbul akibat iritasi karena mencuci muka terlalu kasar, makan makanan yang mengandung susu, gula, atau lemak tinggi, serta mengonsumsi obat-obatan seperti kortikosteroid, lithium, atau androgen.

Memang, komedo umumnya nggak berbahaya, tapi bagi sebagian orang, kemunculannya bikin nggak nyaman dan kurang percaya diri. Kalau kamu mengalami dilema ini, saya punya beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan komedo.

BACA JUGA: Rahasia Kecantikan Han So Hee, Fans Harus Tahu Nih Bocorannya

Cara menghilangkan komedo

Sumber: