Penyebab Ban Depan Motor Habis Sebelah, Biasanya Terjadi di Matic

Penyebab Ban Depan Motor Habis Sebelah, Biasanya Terjadi di Matic

BAHAYA - Masalah ban depan motor yang habis sebelah adalah keluhan umum yang memerlukan perhatian serius.-(Foto: Istimewa)-

RADAR TEGAL - Masalah ban depan motor habis sebelah atau tidak merata seringkali menjadi keluhan banyak pengendara. Terutama bagi pengguna motor matic seperti Honda Beat dan Vario. 

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi penjelasan mengenai penyebab dan solusi dari masalah tersebut. "Kemarin, saya mengganti ban luar motor yang sudah mengalami keausan tidak merata," kata petugas bengkel yang sempat menangani masalah itu. 

Ban bekas yang saya lepas menunjukkan kondisi yang cukup jelas. Sisi kiri ban masih memiliki sedikit kembang, sementara sisi kanan sudah halus atau gundul. 

Keausan yang tidak merata ini menimbulkan pertanyaan penting. Apa penyebabnya? Saat mengganti ban, saya belum sempat mencari tahu penyebab keausan yang tidak merata ini. 

BACA JUGA: Ketahui Tips Agar Motor Irit Bensin, Salah Satunya Jangan Lewati Jalan Rusak!

Ketidakseimbangan shockbreaker

Menurut kanal youtube Silaban Channel masalah seperti ini sering terjadi, terutama pada motor matic. Walaupun baru dari dealer, lama-kelamaan ban depan motor habis sebelah.

Banyak mekanik dan teman-teman bengkel mengatakan bahwa penyebab utama dari keausan ban yang tidak merata adalah ketidakseimbangan tekanan pada shockbreaker kanan dan kiri.

Secara logis, jika shockbreaker kanan dan kiri tidak seimbang, ini bisa mempengaruhi distribusi tekanan pada ban, menyebabkan keausan yang tidak merata.

Namun, penting untuk dicatat bahwa shockbreaker yang dipasang dari pabrik sudah melalui proses perhitungan dan riset yang mendalam. Jadi, mengapa hampir semua motor matic mengalami masalah ini? 

BACA JUGA: Tips Perawatan Motor Honda Scoopy 2024, Jangan Skip Agar Tetap Nyaman dan Dalam Kondisi Prima

Selain shockbreaker, beberapa mekanik juga menyebutkan faktor lain seperti shockbreaker belakang yang hanya satu dan berat mesin yang tidak seimbang.

Penyelidikan lebih lanjut

Untuk menjawab pertanyaan ban depan motor habis sebelah ini, dia membongkar roda motor yang mengalami keausan ban tidak merata. Dari pemeriksaan tersebut, dia menemukan bahwa shockbreaker kiri lebih panjang daripada yang kanan. 

Sumber: